Ini Sederet Kasus Mie Ayam atau Bakso yang Menggunakan Daging Tikus

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 29 Agustus 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 28 337 2462595 ini-sederet-kasus-mie-ayam-atau-bakso-yang-menggunakan-daging-tikus-ZWWnc31x2K.jpg Bakso (Foto: Instagram)

JAKARTA - Mie ayam atau bakso merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Tak heran, pedagang mie ayam –bakso sangat menjamur di Indonesia. Namun, ada banyak oknum yang berusaha mencari untung besar dengan mengganti material daging sapi atau ayam menjadi daging tikus. Berikut kasus-kasus mie ayam atau bakso yang menggunakan daging tikus menurut data Libang MPI.

  • Bakso Berbahan Daging Tikus – Jakarta

Beberapa waktu lalu, netizen geger dengan munculnya video di Facebook yang memperlihatkan peredaran bakso tikus di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan. Terlihat dalam video ada bagian kecil berwarna hitam menyerupai kaki tikus di dalam bakso. Mendengar kabar tersebut, polisi langsung bergerak cepat menelusuri penjual bakso berbahan daging tikus tersebut.

 (Baca juga: Viral Bakso Nyata, Bergizi Tinggi dengan Udang dan Telur Puyuh)

  • Bakso Berbahan Daging Tikus – Mamuju Tengah

Seorang pemilik rumah makan di Desa Tobadak, Kecamatan Tobadak, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat (Sulbar), diamankan aparat kepolisian. Ia ditangkap berdasarkan laporan warga, karena diduga menjual bakso daging tikus. Setelah diperiksa mendalam oleh pihak berwajib, di tempat kuah bakso tersebut ditemukan kepala tikus yang terpisah dari badannya. Dalam wadah tersebut juga terdapat kulit dan bulu tikus berwarna hitam.

(Baca juga: PPKM Darurat, Omzet Warung Bakso di Sukabumi Ini Malah Naik) 

  • Mie Ayam Berbahan Dasar Tikus – Bandung

Beberapa tahun lalu heboh pemberitaan mengenai mie ayam berbahan dasar daging tikus. Video tersebut diunggah warga Bandung, Jawa Barat melalui Facebook. Dalam postingannya tersebut, netizen menyebarkan pengalaman buruknya dengan menampilan foto bakso daging tikus. Tidak sedikit netizen merasa resah atas unggahan status itu.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini