4 Cerita Unik Tentang Ambulans, Pindah Sendiri hingga Salip Rombongan Presiden

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 29 Agustus 2021 07:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 28 337 2462593 4-cerita-unik-tentang-ambulans-pindah-sendiri-hingga-salip-rombongan-presiden-jabhc6SABa.jpg Ilustrasi (Foto : Antara)

AMBULANS menjadi armada yang sangat dibutuhkan masyarakat dalam kondisi darurat. Sejatinya, ambulans digunakan sebagai transportasi untuk mengangkut pasien atau jenazah dari dan ke sebuah fasilitas kesehatan.

Dibalik itu, ada beberapa cerita unik ambulans yang patut diketahui. Berikut daftarnya:

1. Ambulans Berpindah Tempat Sendiri

Cerita yang cukup unik sekaligus seram datang dari sebuah ambulans tua yang berada di salah satu rumah sakit daerah di Boyolali, Jawa Tengah. Diketahui, ambulans itu ‘menolak’ ikut dipindahkan, ketika lokasi rumah sakit harus beralih ke tempat lain.

Dilansir dari Okezone.com, ambulans tersebut sedianya sudah dipindahkan ke lokasi rumah sakit yang baru. Namun, ambulans justru kembali ditemukan di tempat yang lama. Banyak warga menilai, jika ambulans itu berpindah sendiri tanpa ada supir yang mengendarainya. Tiba-tiba, ambulans terlihat sudah terparkir di lokasi lama. Hingga kini, ambulans putih itu tetap dibiarkan terparkir di tempat semula dan tidak ada pihak yang memindahkannya.

2. Seorang Ibu Melahirkan di Ambulans

Ambulans juga bisa beralih fungsi sebagai tempat persalinan jika berada dalam keadaan yang sangat mendesak. Kejadian seorang ibu yang harus melahirkan di ambulans ini terjadi di Ponorogo, Jawa Timur pada Agustus 2021.

Ambulans tersebut sedianya digunakan untuk mengantarkan ibu hamil itu dan suaminya ke rumah sakit. Namun, si ibu mengalami kontraksi di tengah perjalanan dan terpaksa melahirkan bayinya. Sementara itu, sang bayi dilahirkan dalam kondisi normal dan sehat.

3. Ambulans Salip Rombongan Presiden

Kejadian unik terjadi di Samarinda, Kalimantan Timur pada 24 Agustus 2021. Sebuah ambulans terlihat menyalip iring-iringan presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan ke daerah tersebut. Momen itu terekam dalam video dan viral.

Dikutip dari berbagai sumber, supir ambulans itu tidak mengetahui jika rombongan yang ia dahului adalah rombongan presiden. Ketika itu, supir harus mengantarkan seorang pasien yang mengalami masalah pencernaan cukup serius ke rumah sakit.

Sopir ambulans baru tersadar menyalip rombongan presiden, ketika melihat tulisan pada plat mobil yang berwarna merah di samping kanannya, yakni Indonesia 1. Namun, supir itu mendapat isyarat dari para pengawal presiden untuk tetap maju dan mendahului rombongan.

4. Ambulans Pink Jadi Ciri Khas

Sebuah ambulans dengan warna tak biasa dimiliki oleh desa Menoreh, Magelang, Jawa Tengah. Bukan putih, warna ambulans ini adalah merah muda atau pink. Dikutip dari iNews.id, warna pink sengaja dipilih karena tidak ingin menghadirkan kesan seram kepada masyarakat. Penggunaan ambulans pink ini lebih banyak diperuntukkan untuk kegiatan sosial warga, seperti membawa warga yang sakit, membawa ibu hamil yang akan melahirkan dan membawa jenazah warga.

Ambulans pink ini hadir dengan fasilitas yang tergolong lengkap, seperti tempat cuci tangan, tabung oksigen dan P3K. Kini, ambulans pink menjadi ciri khas desa Menoreh yang terkadang juga dipinjamkan kepada desa lain ketika sedang membutuhkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini