Share

Moeldoko: KSP Dukung Pengembangan Alat Tes Antigen Buatan Lokal

Dita Angga R, Sindonews · Jum'at 27 Agustus 2021 22:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 27 337 2462370 moeldoko-ksp-dukung-pengembangan-alat-tes-antigen-buatan-lokal-h2RWzn1OXl.jpg Kepala KSP, Moeldoko (Ist)

JAKARTA - Beberapa pihak swasta di Indonesia kini bersiap memulai produksi alat tes antigen di dalam negeri secara masal. Dengan begitu, kedepannya masyarakat akan semakin gampang mengakses tes antigen dengan harga yang lebih murah.

Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengatakan pemerintah terus mendukung segala inovasi dan upaya yang dilakukan pihak swasta. Salah satunya yang dilakukan PT Taishan Alkes Indonesia di Kalideres,Jakarta Barat.

“Produksi alat tes antigen ini bisa dikembangkan untuk yang berikutnya ke alat PCR. Kita harus optimis sehingga nantinya sustainable, dengan ada marketnya yang jelas.” Ujarnya dalam kunjungannya ke pabrik tersebut, Jumat (27/8/2021).

Moeldoko menambahkan, pemerintah akan sangat terbuka terhadap usulan dan ide positif untuk penanganan pandemi covid-19 Dia memastikan bahwa KSP akan menjadi jembatan dengan kementerian/lembaga terkait.

“KSP adalah sebuah lembaga yang bisa menjembatani, ikut menyuarakan ke Kementerian Kesehatan dan unsur-unsur yang lain untuk mendukung alat kesehatan produksi lokal ini,” ungkapnya.

Dengan alat tes swab antigen yang diproduksi perusahaan lokal ini, Moeldoko berharap akan terus terjadi peningkatan testing dan tracing untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia. Sejauh ini, Indonesia masih mengimpor alat pendeteksi covid-19. Baik PCR maupun rapid test antigen.

Kementerian Kesehatan pun telah menetapkan batasan biaya rapid test tertinggi sebesar Rp 250 ribu untuk Pulau Jawa dan Rp 275 ribu untuk di luar Pulau Jawa.

Menurut Moeldoko, produksi alat antigen lokal akan memberikan harga yang terjangkau dan bersaing. Tak hanya itu, produksi alat antigen dalam negeri juga akan menyerap banyak anak-anak bangsa sebagai tenaga kerja.

“Kita harus optimis sehingga nantinya sustainable dengan ada marketnya yang jelas. Pemerintah seharusnya dapat ambil bagian menghidupkan usaha ini dengan ikut membeli alat tes antigen produksi lokal,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Dirut PT Taishan Alkes Indonesia, Eiko Sihombing mengatakan PT Taishan Alkes Indonesia adalah produsen dalam negeri yang bergiat membantu pemerintah Indonesia dalam menangani Covid-19 sejak bulan Juli tahun 2020.

Kini, lanjut Eiko, PT Taishan Alkes Indonesia telah menjadi produsen dalam negeri untuk produk antigen dan antibodi yang sudah membuka lapangan pekerjaan hingga 1200 orang.

“Bahkan kami sanggup memproduksi hingga mencapai 1.200.000 pcs per hari. Saat ini kami sudah berkolaborasi dengan produsen lokal seperti produsen Swab-stick, Absorbant (Silica Gel), kaset, Foil dan Boxing local,” tuturnya.

Selain itu, Eiko menyebutkan berkembangnya PT Taishan Alkes Indonesia telah juga telah memberi pengharapan dalam menghidupkan kembali pabrik-pabrik yang hampir tutup oleh karena hantaman badai Covid-19 dan kolaborasi yang tercipta diantara produsen lokal.

Follow Berita Okezone di Google News

”Kami telah membuka dengan lebar lapangan pekerjaan hingga mencapai 6000 tenaga kerja secara menyeluruh dengan produsen lokal lainnya yang bergandengan tangan dengan kami. Bahkan ekspansi pabrik kami telah menambahkan tenaga kerja hingga mendekati 1200 orang agar daya produksi dapat ditingkatkan sampai 1.200.000 pieces per hari dan artinya kami akan terus berusaha agar dapat menyanggupi kebutuhan dalam negeri dan bahkan ekspor ke luar negeri,” jelasnya.

Eiko juga menuturkan, Kementerian Kesehatan juga memberikan dukungannya melalui pemberian Izin Edar Alat Kesehatan Dalam Negeri (AKD), begitu juga dengan Kementerian Perindustrian yang juga ikut memberikan penilaian yang sangat baik kepada PT Taishan Alkes Indonesia, sehingga produsen alkes dalam negeri itu menerima sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 48 persen, ISO 9001, ISO 13485 dan CE.

”Kami menyimpan sebuah harapan besar bahwa melalui kunjungan Pak Moeldoko kami mendapatkan perhatian untuk menjadi partner bagi pemerintah pusat, bahkan sampai tingkat daerah dalam penanggulangan Covid-19 dan juga dapat membuka mata serta perhatian kita akan adanya produsen lokal yang ikut berperan serta secara proporsional mendukung program Bapak Presiden Jokowi untuk membeli produk lokal terlebih lagi dalam penanganan Covid-19,” harapnya.

Eiko juga menyampaikan bahwa selain menjalankan bisnis, PT Taishan Alkes Indonesia juga berorientasi dalam usaha membantu pemerintah dengan membuka lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia.

“Kami bertekad membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, karena itu semangat PT Taishan Alkes Indonesia juga,” tutupnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini