4 Kasus Penculikan Gadis Belia, Ada yang Sudah Setahun Hilang

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 28 Agustus 2021 07:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 27 337 2462175 4-kasus-penculikan-gadis-belia-ada-yang-sudah-setahun-hilang-WkYoH2d2Zb.jpg Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Kasus penculikan yang menyasar gadis belia, sempat beberapa kali terjadi di Indonesia. Banyak pula di antara mereka yang menjadi korban pelecehan seksual dalam penculikan.

Berikut adalah daftar kasus penculikan gadis yang berhasil dirangkum tim Litbang MPI:

1. Madiun, Jawa Tengah

Seorang gadis yang masih berusia 14 tahun diculik pengusaha asal Sragen, Jawa Tengah pada Juni 2020 lalu. Aksi nekat tersangka dilakukan di Madiun, Jawa Tengah. Keluarga korban sebetulnya langsung melaporkan kasus penculikan itu sebulan setelah kejadian. Namun setelah setahun, perempuan berinisial KR itu tidak diketahui rimbanya hingga sekarang. Pihak kepolisan akan terus mengusut kasus tersebut sampai menemukan titik terang.

2. Pasuruan, Jawa Timur

Siswi 11 tahun yang masih duduk di bangku SD asal Pasuruan, Jawa Timur menjadi korban penculikan yang dilakukan pada 27 Juli 2021. Awalnya, korban diajak ke sebuah villa oleh seorang pria dengan menggunakan sepeda motor. Di tempat itu, korban mengalami pelecehan seksual oleh tersangka. Tangisan korban membuat tersangka cukup panik, hingga akhirnya membawa korban kembali ke lokasi awal penculikan.

Setelah tiba di rumah, korban langsung melaporkan kejadian yang dialaminya kepada pihak keluarga. Keluarga pun melaporkannya ke polisi.

Baca juga: Diculik saat Balita, Pria Ini Bertemu Lagi dengan Ayahnya 58 Tahun Kemudian

3. Cengkareng, Jakarta Barat

Seorang duda berusia 41 tahun, W, nekat menculik F yang baru berusia 14 tahun asal Cengkareng, Jakarta Barat pada Juli 2020. W membawa kabur korban dengan menggunakan sepeda motor. Demi menghilangkan barang bukti, sepeda motor itu dijual di daerah Bekasi. W pun berpindah-pindah tempat, salah satunya ke Sukabumi, Jawa Barat.

Polisi berhasil meringkus W pada Agustus 2020 di Sukabumi. Sementara itu, F tidak bisa langsung dikembalikan ke orangtua dan keluarganya karena mengalami depresi. Tersangka diancam hukuman 15 tahun penjara karena melanggar pasal 81 ayat 2 UU nomor 17 tahun 2016 tentang Perlindungan Anak.

4. Jambi

Gadis asal Jambi yang berinisial NA diculik oleh beberapa pria tak dikenal pada 29 Mei 2020. Ia baru ditemukan 5 hari setelahnya, yakni 2 Juni 2020 di bilangan Senen, Jakarta Pusat dengan kondisi yang linglung.

NA awalnya meminta seorang sopir taksi untuk mengantarkannya pulang ke kediamannya di Jambi. Namun, sopir taksi tersebut memberi tahu NA bahwa kini ia berada di Jakarta. NA pun mulai sadar bahwa ia sudah menjadi korban penculikan.

Si sopir membawa korban ke Polsek Senen. Korban lalu dijemput oleh anggota kepolisian Polres Jambi untuk kembali ke daerah asalnya.

(Diolah dari berbagai sumber: Ajeng Wirachmi/Litbang MPI)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini