5 Fakta Ustadz Yahya Waloni, Sudah Diincar Sejak Mei hingga Sengaja Tabrak Anjing

Angkasa Yudhistira, Okezone · Jum'at 27 Agustus 2021 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 27 337 2462120 5-fakta-ustadz-yahya-waloni-sudah-diincar-sejak-mei-hingga-sengaja-tabrak-anjing-u0dHHbOkXh.jpg Ustadz Yahya Waloni ditangkap polisi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Ustadz Yahya Waloni resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penodaan agama oelh Bareskrim Polri. Status hukum itu disematkan kepadanya setelah dilakukan penangkapan dan pemeriksaan intensif.

Berikut sejumlah fakta menarik terkait kasus yang menyeret Ustadz Yahya Waloni:

1. Terancam 6 Tahun Penjara.

Atas kasus yang menimpanya, Ustadz Yahya Waloni, dijerat dengan Pasal 28 ayat (2) jo Pasal 45a ayat (2) UU ITE atau Pasal 156a KUHP.

Dengan pasal tersebut, Ustadz Yahya Waloni terancam penjara hingga enam tahun.

2. Sebut Youtuber Kafir

Dalam sebuah ceramah, Ustadz Yahya Waloni mengatakan semua Youtuber memiliki latar belakang kafir. Dalam potongan ceramah itu, awalnya Ustadz Yahya Waloni bercerita kalau ada seorang ibu yang memberinya saran untuk membuat channel Youtube sendiri. Namun, Yahya menolak karena ia lebih menikmati hasil keringat dakwah.

“Ngapain youtuber, background-nya itu kafir semua. Enggak mau saya makan uang kafir,” ujar Ustdaz Yahya Waloni dalam sebuah tayangan.

Sontak, pernyataannya tersebut langsung mendapat reaksi keras di masyarakat. Salah satunya Deddy Corbuzier yang tidak setuju dengan ceramah Ustaz Yahya Waloni yang menyebut penghasilan dari Youtube adalah uang kafir dan hukumnya haram.

Baca Juga : Terungkap! Polisi Tetapkan Ustadz Yahya Waloni Tersangka Sejak Mei 2021

3. Jadi Tersangka Sejak Mei 2021

Bareskrim Polri ternyata sudah menetapkan Ustadz Yahya Waloni sebagai tersangka kasus dugaan penodaan agama dan UU ITE sejak bulan Mei 2021 silam.

Penetapan tersangka itu berdasarkan laporan masyarakat Nomor: LP/B/0287/IV/2021/BARESKRIM tertanggal Selasa 27 April 2021.

"Sudah (tersangka). Itu kan prosesnya sejak bulan April, bulan Mei sudah naik penyidikan, sudah jadi tersangka. Proses seperti itu," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta Selatan.

4. Sengaja Tabrak Anjing

Ustaz Yahya Waloni mengaku pernah menabrak seekor anjing dengan sengaja. Saat itu dia sedang berkunjung ke sebuah daerah untuk berdakwah.

Menurutnya, banyak sekali lapo yang menawarkan makanan dan minuman tidak halal di daerah tersebut.

"Kutabrak juga seekor anjing, enggak tahu punya siapa. Dia lari pincang kakinya. Kalau kambing masih saya rem, tapi kulihat anjing, najis, kutabrak satu yang paling depan," ujarnya dilansir di kanal Youtube Hadist TV.

5. Corona Tidak Masuk Masjid

Pandemi Covid-19 juga menjadi salah satu isi ceramah Ustadz Yahya Waloni. Bahkan dia menyebut virus corona tidak bisa masuk masjid.

"Enggak usah munafik bikin-bikin aturan. Tablig akbar dilarang, Pilkada enggak. Virus itu bukan datang dari Wuhan, tapi dari Tuhan," ujarnya

Dikatakan dia, jika Covid-19 memang ada di dalam masjid, maka sudah pasti dirinya dan jamaah akan tertular virus Corona.

"Tidak ada musibah menimpa seseorang kecuali atas izin Allah. Di dalam masjid begini enggak ada virus. Ente berdekatan gini, kalau betul virus ada di masjid, pas keluar mampus semua kita ini," ujarnya di kanal Youtube Amil Islam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini