Share

Masjid Istiqlal Dibuka Kembali, Masyarakat: Senang Bisa Perkuat Iman di Masa Pandemi

Widya Michella, MNC Media · Jum'at 27 Agustus 2021 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 27 337 2462114 masjid-istiqlal-dibuka-kembali-masyarakat-senang-bisa-perkuat-iman-di-masa-pandemi-2ToEdDUmbT.jpg Sjolat Jumat di Masjid Istiqlal (Foto: Okezone)

JAKARTA - Masjid Istiqlal Jakarta menggelar ibadah Sholat Jumat pertama dalam PPKM Level 3 dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Berdasarkan pantauan MPI, pada aula masjid terlihat ribuan jamaah memadati bagian tengah dengan penerapan protokol kesehatan yakni shaf dilakukan berjarak kurang lebih satu meter.

Usai, dilakukan khotbah kira-kira sepuluh menit, dilanjutkan dengan Sholat Jumat dengan khidmat. Beberapa masyarakat mengaku menunggu dibukanya Masjid Istiqlal setelah sekian lama ditutup sejak meningkatnya pandemi Covid-19.

Misalnya, Reza (21) asal Jakarta mengungkapkan kebahagiannya atas dibukanya Masjid Istiqlal. "Saya senang karena sudah lama juga Masjid Istiqlal ini tidak dibuka baru, baru dibuka Minggu kemarin saya baru sempat minggu ini ke sini," jelas Reza saat ditemui MPI, Jumat (27/8/2021).

Saat masuk ia mengatakan Masjid Istiqlal menerapkan prokes yang ketat. "Senang kali ya udah bisa ke sini lagi , tadi sih disuruh scan aplikasi PeduliLindungi kemudian diperiksa barang," tambahnya.

Ia pun berharap pandemi segera usai dan aktivitas bisa berjalan normal. "Tahu ada wapres datang, kagetkan dan senang juga ada beliau. Harapannya semoga orang bisa ke sini lagi kan masjid umat Islam bisa Covid-19 juga hilang semoga aja," harapnya.

Sama halnya dengan Roni Musafir (40) asal Samarinda ini yang mengaku lebih menyukai Sholat Jumat di Masjid Istiqlal karena disebut sebagai masjid agung.

"Senang karena bisa membuka mata hati supaya hilang dosa biar kuat iman dan kuat ideologi. Memang menurut saya sih harus ke masjid agung yang menjauhkan kita dari kesusahan dan bencana serta fitnah-fitnah," jelasnya.

Ia pun melihat penerapan protokol kesehatan di Masjid Istiqlal sendiri prosesnya sangat bagus terlihat dari banyak orang yang patuh terhadap protokol kesehatan mulai dari sebelum masuk maupun di aula masjid.

Julian Syahputra (32) asal Medan ini juga memiliki pendapat yang serupa di mana bagusnya melakukan Sholat Jumat di Masjid istiqlal karena protokol kesehatannya ketat dan aman.

"Senang ya karena bisa ngadain sholat kembali terus dekat juga dari kantor. Prokesnya ketat, dilakukan cek suhu dan diwajibkan memakai masker aplikasi PeduliLindungi juga ketat sih," paparnya. (kha)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini