Puan Maharani: Pengelolaan SDA Harus Dirasakan Masyarakat

Carlos Roy Fajarta, · Jum'at 27 Agustus 2021 13:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 27 337 2462079 puan-maharani-pengelolaan-sda-harus-dirasakan-masyarakat-pw4p0gC8uR.png Ketua DPR RI Puan Maharani (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mendorong pemerintah agar pengelolaan sumber daya alam (SDA) di Indonesia dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Puan Maharani dalam acara di Universitas Indonesia yang mengangkat tema ‘Fungsi dan Peran Legislatif Dalam Menunjang Optimalisasi Pemanfaatan Potensi Bangsa Demi Terwujudnya Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia’ pada Jumat (27/8/2021).

“DPR akan terus memastikan bahwa apa yang didapat Negara dari pengelolaan SDA dapat dirasakan hasilnya oleh seluruh rakyat Indonesia,” ujar Puan Maharani.

Ia menyebutkan untuk memaksimalkan sumber daya alam (SDA), DPR RI turut memerhatikan aspek sustainability dari pemanfaatannya. Melalui fungsi legislasi, kata Puan, DPR telah membuat berbagai aturan terkait pengelolaan sumber daya alam yang disesuaikan dengan amanat konstitusi.

Baca Juga : Waspada! 10 Kecamatan di Jakarta Potensi Alami Pergerakan Tanah, Berikut Lokasinya

“Kemudian dengan melaksanakan fungsi pengawasan, maka DPR RI melihat bahwa perlu ada update atau pembaharuan berbagai Undang-Undang dan peraturan terkait pengelolaan Sumber Daya Alam kita,” kata Puan Maharani.

Di sisi anggaran, DPR RI bersama pemerintah juga membahas tentang bagaimana Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sektor SDA, yang dapat menopang penerimaan negara dalam APBN untuk pembiayaan nasional.

"Itulah mengapa beberapa Undang-Undang sektoral dalam pengelolaan sumber daya alam tersebut sudah dimasukkan ke dalam daftar Program Legislasi Nasional Periode 2020-2024, yang sudah direncanakan oleh DPR RI untuk dibahas bersama Pemerintah," jelas Puan Maharani.

Ia berharap agar generasi muda khususnya pada mahasiswa dapat menjadi putra putri terbaik bangsa yang bisa membawa Indonesia semakin berjaya di tingkat dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini