Jamaah Umrah Indonesia Wajib Disuntik Vaksin Ke-3

Widya Michella, MNC Media · Jum'at 27 Agustus 2021 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 27 337 2461972 jamaah-umrah-indonesia-wajib-disuntik-vaksin-ke-3-co9MoLYnnq.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

JAKARTA - Pemerintah Arab Saudi kini telah mengizinkan jamaah umrah Indonesia yang divaksin Sinovac dan Sinopharm. Walaupun begitu, Arab Saudi tetap mewajibkan jamaah umrah Indonesia untuk dilakukan vaksin Covid-19 ke-3 atau kembali disuntik satu kali dosis sebagai booster diantara empat vaksin yang disetujui Arab Saudi.

Empat vaksin yang disetujui Arab Saudi untuk vaksin ke-3 sebagai booster ini yaitu Pfizer, Moderna, AstraZeneca dan Jhonson and Jhonson.

"Iya betul bahwa dua vaksin itu (Sinovac dan Sinopharm) sudah disetujui Saudi dengan booster 1 di antara 4 vaksin. Kebijakan ini berlaku sejak Selasa (24 Agustus),"jelas Konsul Jenderal Republik Indonesia di Jeddah, Eko Hartono saat dihubungi MPI, Kamis, 26 Agustus 2021.

Untuk pemberian booster bagi jamaah umrah indonesia, ia mengatakan masih belum jelas terkait dimana dan kapan dilakukan penyuntikannya. "Iya betul masih belum jelas," sambungnya.

Baca Juga : Satgas Covid-19: Vaksin Sputnik-V untuk Masyarakat 18 Tahun ke Atas

Walaupun sudah diberikan persetujuan, ia menambahkan Indonesia masih masuk ke dalam daftar negara yang ditangguhkan perjalanannya oleh Saudi Arabia. Sehingga Indonesia masih belum dapat memberangkatkan jamaah untuk ibadah umrah ke Tanah Suci.

"Belum dicabut jadi belum bisa umrah juga. Indonesia masih masuk dalam daftar negara yang ditangguhkan warga negaranya atau orang yang baru dari negara tersebut masuk ke Arab Saudi sejak Februari 2021," tuturnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini