Kapolda Sumsel Diganti, DPR: Sangat Wajar di Polri

Kiswondari, Sindonews · Jum'at 27 Agustus 2021 02:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 27 337 2461817 kapolda-sumsel-diganti-dpr-sangat-wajar-di-polri-xFefQyui4t.jpg DPR RI (Foto: Okezone)

JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutasi 98 perwira. Salah satunya adalah Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel), Irjen Eko Indra Heri yang diganti oleh Irjen Pol Toni Harmanto.

Penggantian Kapolda Sumsel banyak yang mengkaitkan dengan persoalan sumbangan fiktif Rp2 triliun dari keluarga Akidi Tio. Terkait hal itu, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni mengatakan bahwa mutasi jabatan adalah hal yang sangat wajar di institusi Kepolisian Indonesia, apalagi untuk jabatan sekelas Kapolda. Jadi, mutasi Kapolda Sumsel ini sangat fair dilakukan oleh Kapolri.

“Mutasi itu sangat wajar di Polri, apalagi di posisi-posisi pimpinan seperti Kapolda. Sama saja dengan pimpinan perusahaan, setiap langkah yang mereka ambil, keputusan penting yang mereka ambil akan sangat berpengaruh pada posisi jabatan tersebut, jadi menurut saya mutasi yang diterima oleh Irjen Eko sangat fair,” kata Sahroni kepada wartawan, Kamis (26/8/2021).

Baca Juga:  Kapolri Ganti Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra Heri

Adanya dugaan mutasi ini berhubungan dengan sumbangan fiktif Akidi Tio, menurut politikus Partai Nasdem ini, itu sesuatu yang memungkinkan dan cukup beralasan. Karena, setiap pimpinan kepolisian diminta untuk mengambil kebijakan dan mengejar performa dengan baik.

“Apakah peristiwa sumbangan fiktif Rp2 triliun adalah penyebab mutasi ini? Sangat mungkin, dan menurut saya ini keputusan yang cukup beralasan. Karenanya setiap pimpinan harus sangat berhati-hati dalam mengambil kebijakan dan mengejar performa yang sebaik-baiknya,” ujarnya.

Baca Juga:  Polri Benarkan Pergantian Kapolda Sumsel, Terkait Sumbangan Akidi Tio?

Sahroni menilai sosok pengganti Eko, yakni Irjen Toni adalah sosok yang tepat untuk mengisi jabatan sebagai Kapolda Sumsel yang baru, karena dia merupakan sosok yang dapat bekerja secara konkret, tegas dan humanis.

“Sekarang sudah ada Kapolda Sumsel yang baru yaitu Irjen Toni Harmanto, Menurut saya, sosok Irjen Toni sebagai Kapolda Sumsel yang baru ini sudah sangat tepat. Beliau orang yang bekerja konkret, tegas, namun sangat humanis, sangat sejalan dengan visi “Presisi” kapolri yang mengutamakan restorative justice,” pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini