Kisah Ken Arok Terpana saat Bagian Tubuh Ken Dedes Pancarkan Sinar

Avirista Midaada, Okezone · Jum'at 27 Agustus 2021 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 26 337 2461757 kisah-ken-arok-terpana-saat-bagian-tubuh-ken-dedes-pancarkan-sinar-Lu88q1o5Jc.jpg Ken Arok (foto: ist)

KEN AROK, merupakan salah satu raja dan pendiri dari Kerajaan Singasari. Ken Arok sendiri mempersunting Ken Dedes dan memiliki empat orang anak, yaitu Mahisa Wonga Teleng, Apanji Saprang, Agnibhaya, dan Dewi Rumbu. Selain itu, Ken Arok juga memiliki selir bernama Ken Umang, yang telah memberinya empat orang anak pula, yaitu Tohjaya, Panji Sudhatu, Tuan Wergola dan Dewi Rambi.

Namun dibalik jatuh cintanya Ken Arok ke Ken Dedes, ada satu kisah bagaimana Ken Arok tertarik kepada Ken Dedes, karena alat vitalnya. Hal ini diungkap dalam buku "Hitam Putih Ken Arok dari Kejayaan hingga Keruntuhan" karya Muhammad Syamsuddin.

Baca juga:  Raja-Raja Majapahit Ternyata Keturunan Ken Arok, Pendiri Kerajaan Singasari

Dalam buku tersebut dikisahkan, bahwa Ken Dedes jatuh cinta dengan Ken Arok pada pandangan pertama. Ken Dedes terkesan dengan Ken Arok karena pengetahuan yang begitu dalam. Saat bertemu dengan Ken Dedes di Pakuwan, Ken Arok baru berusia 20 tahun.

Satu hal yang dikagumi Ken Arok dari Ken Dedes selain kecantikannya, ada satu faktor lainnya yang membuat Ken Arok tertarik ke Ken Dedes, yakni faktor kemaluannya. Dikisahkan kemaluan Ken Dedes memancarkan cahaya yang tak sengaja dilihat oleh Ken Arok. Hal ini membuat Ken Arok tercengang dan dibuat penasaran dengan cahaya tersebut.

Baca juga:  Ken Arok Titisan Dewa Brahma yang Diutus untuk Kendalikan Tanah Jawa?

Suatu hari Tunggul Ametung dan Ken Dedes berjalan-jalan untuk piknik di kawasan Hutan Baboji. Saat itu Ken Arok baru saja diangkat menjadi pengawal, turut serta menyertainya bersama rombongan lain. Setiap gerak gerik Ken Dedes harus diawasi oleh Ken Arok karena itu merupakan tugasnya.

Termasuk ketika Ken Dedes meminta untuk berhenti, hendak turun dari kereta, Ken Arok pun menyertainya. Menariknya saat turun inilah Ken Arok melihat sesuatu yang menarik perhatiannya. Langkah kakinya membuat menyingkapkan kain yang membalut tubuh Ken Dedes. Saat itu Ken Arok berada di depannya, sehingga ia bisa melihat dengan jelas kemaluan Ken Dedes yang bersinar.

Hal ini juga dikisahkan dalam Pararaton, “Kengkis wetisira, kengkab tekeng rahasyanica, nener katon murub denira Ken Arok, yang berarti, “Tersingkap betisnya, yang terbuka sampai ‘rahasinya’, lalu terlihat oleh Ken Arok.”

Sejak melihat bagian kemaluan dari Ken Dedes itulah, bayangan tentang kemaluan yang bersinar itu tak pernah hilang dari pikiran Ken Arok. Bukan nafsu birahi yang membuatnya susah memilkirkannya, melainkan hal yang sangat aneh dan mengandung misteri.

Hal yang mungkin mengganjal dalam pikiran Ken Arok adalah apa sesungguhnya cahaya yang keluar dari kemaluan Paremesywari Tumapel itu. Oleh karena itulah, Ken Arok menyampaikan apa yang dilihatnya kepada gurunya, Lohgawe. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini