Dibiarkan Berkeliaran, Berikut Deretan Kasus Orang Gangguan Jiwa Resahkan Masyarakat

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 26 Agustus 2021 07:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 25 337 2460870 dibiarkan-berkeliaran-berikut-deretan-kasus-orang-gangguan-jiwa-resahkan-masyarakat-So6gwjx8TW.jpeg Ilustrasi ODGJ. (Foto: Kemensos RI)

JAKARTA - Menurut UU No. 18 tahun 2014, ODGJ merupakan orang dengan gangguan jiwa yang mengalami gangguan dalam pikiran dan perilaku. Penanganan kondisi kejiwaan pada ODGJ harus dilakukan di fasilitas kesehatan jiwa.

Di Indonesia, banyak ODGJ yang belum sepenuhnya tertangani hingga menimbulkan keresahan bagi warga sekitar. Berikut sejumlah kejadiannya:

1. Cikarang, Jawa Barat

Ibu dan anak terpaksa diamankan Dinas Sosial Kabupaten Bekasi pada 12 Agustus 2021. Keduanya adalah ODGJ dan dianggap meresahkan warga serta pengguna jalan di sekitar wilayah sebuah pusat perbelanjaan di Cikarang, kabupaten Bekasi. 

Keduanya sering melempari masyarakat dengan menggunakan batu dan botol berisi air. Karena terlalu seringnya kejadian serupa dan ramainya laporan dari warga, maka petugas Dinsos pun turun tangan mengamankan keduanya. 

2. Probolinggo, Jawa Timur

Seorang ODGJ di wilayah Mayangan, Probolinggo diamankan petugas Satpol PP pada Februari 2021 karena dilaporkan mengamuk hingga menyerang warga di lingkungan padat penduduk.

Baca juga: Orang Gangguan Jiwa Mengamuk, 2 Orang Tewas 3 Luka

Rupanya, ia sering melukai warga sekitar dengan cara melempar batu. Ulahnya itu pernah mengakibatkan 2 orang warga mengalami luka di bagian kepala.

3. Kebayoran Baru, Jakarta Pusat

Kejadian ODGJ yang meresahkan warga juga terjadi di Kebayoran Baru, Jakarta Pusat. Seorang ODGJ yang berkeliaran di wilayah tersebut kerap melakukan aktivitas seksual pribadi secara sembarangan, di depan warga.

Sebuah akun Instagram menggunggah video saat orang tersebut melakukan aksinya pada 1 Februari 2021. Dalam unggahannya tersebut, si pengunggah sudah merasa sangat resah dan berharap pihak terkait untuk melakukan tindak lajut.

4. Purbalingga, Jawa Tengah

Seorang pria yang diduga menderita gangguan jiwa berkeliaran di sekitar pemukiman warga di desa Padamara, Purbalingga dengan membawa sabit. Warga resah dan takut jika pria tersebut tiba-tiba mengamuk hingga menyabetkan sabitnya itu.

Karena merasa khawatir, warga lantas melaporkan keberadaan pria tersebut ke pihak kepolisian setempat pada Oktober 2020. Dirinya berhasil diamankan setelah dibujuk oleh anggota polisi yang hadir. Sementara itu, identitas pria tersebut sama sekali tidak diketahui.

5. Gianyar, Bali

Kisah lainnya datang dari Gianyar, Bali. Seorang pria ODGJ ditangkap petugas Satpol PP pada 11 Februari 2020 karena meresahkan warga. Pria dengan inisial GA itu kerap memukulkan pentungan di sebuah bale yang akhirnya membuat warga sekitar terganggu. Akibatnya, warga melapor dan GA ditangkap.

Pria yang sudah berusia 52 tahun itu melakukan perlawanan saat ingin ditangkap. Sehingga, petugas terpaksa memborgol kedua tangannya. 

(Ajeng Wirachmi/Litbang MPI)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini