Share

Pembelajaran Tatap Muka Bisa Dilaksanakan Jika Penuhi Syarat yang Ketat

Erfan Maaruf, iNews · Rabu 25 Agustus 2021 06:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 25 337 2460639 pembelajaran-tatap-muka-bisa-dilaksanakan-jika-penuhi-syarat-yang-ketat-NMSn1um98G.jpg Ilustrasi (Foto : Antara)

JAKARTA - Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) menganggap pembelajaran tatap muka di Jabodetabek bisa dilakukan jika sudah terpenuhi empat di faktor. Dari empat faktor pihaknya menilai tiga di antaranya telah terpenuhi hanya satu yang harus ditunggu yakni angka positifity rate.

Koordinator Nasional P2G Satriwan Salim mengatakan, syarat pertama vaksinasi tenaga pendidik dan siswa. Dia menilai hal ini menjadi faktor penting sebelum sekolah dibuka untuk pembelajaran tatap muka.

"Semua siswa dan pelajar harus dipastikan telah divaksin dengan menunjukkan bukti vaksiniasi," katanya, Rabu (25/8/2021).

Kedua jika sekolah ingin mengadakan pembelajaran tatap sekolah harus mempersiapkan fasilitas periksa dan kesiapan pembelajaran tatap muka yang memadai. DKI dianggap telah siap karena dapat melakukan tatap muka beberapa bulan lalu.

"DKI sendiri sudah 2 kali pernah dilakukan beberapa bulan lalu dan relatif sukses. Karena sekolah sekolah memang siap dari segi sarana prasarana," jelasnya.

Baca Juga : 2 Opsi Terkait Pembelajaran Tatap Muka di Bogor

Selanjutnya, jika sekolah ingin membuka pembelajaran tatap muka harus memastikan angka angka tren positifity rate Covid di wilayah tersebut. Dia menilai saat ini positifity rate harus menunggu dalam waktu sekitar dua Minggu lagi hingga turun di angka 5 persen.

"Dalam konteks positifity rate, nah ini musti melihat tren ke depan per 22 Agustus masih 8,5% sehingga ini masih jadi pertimbangan Pemprov" paparnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Terakhir izin dari orang tua. Dia menilai setelah melakukan survei di sejumlah daerah dengan kapasitas peserta survei terbanyak di Jakarta, orang tua pelajar berharap sekolah sudah bisa dibuka kembali.

"Variabel ke empat itu izin orang tua. Dan sudah kami rilis bulan Juli kemarin orang tua banyak yang setuju sekolah kembali dibuka," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini