Waspada! Varian Delta Hanya Butuh Waktu Menular 15 Detik

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 24 Agustus 2021 12:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 24 337 2460234 waspada-varian-delta-hanya-butuh-waktu-menular-15-detik-9j7OKlLl7Y.jpeg Siti Nadia Tarmizi. (Foto: Dok Okezone.com)

JAKARTA - Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menegaskan Covid-19 varian Delta lebih cepat menular, bahkan hanya butuh 15 detik pada orang yang tidak memakai masker.

“Tentunya menjadi salah satu perhatian kita untuk kemudian bisa mencegah adanya varian Delta ini agar tidak cepat menular di dalam masyarakat kita,” kata Nadia dalam diskusi secara virtual, Selasa (24/8/2021).

Nadia mengatakan bahwa angka kematian Covid-19 di Tanah Air yang cukup tinggi, salah satu penyebabnya adalah varian Delta. Dia menjelaskan, varian ini 60% lebih menular, sehingga banyak penyebaran di keluarga.

“Pada prinsipnya ini reproduksi number dari varian Delta itu 5 sampai 8 lebih tinggi daripada virus Covid Wuhan yang lama, maupun dengan virus Alfanya,” ucap dia. 

“Nah, yang kita tahu bahwa virus Alfa saja sudah cukup menular ya, apalagi varian Delta ini. Artinya, akan lebih cepat tertular dalam waktu singkat cukup butuh 15 detik menular pada orang yang tidak pakai masker, orang sudah bisa tertular varian Delta ini,” sambung Nadia.

Baca juga: Daerah PPKM Level 3 Bisa Gelar Sekolah Tatap Muka Kapasitas 50%

Selain itu, varian ini juga meningkatkan jumlah kasus rawat inap. Saat ini juga banyak pasien yang awalnya tidak bergejala, namun tiba-tiba kondisinya menurun drastis.

Tak hanya itu, varian ini juga lebih mudah pada golongan usia anak-anak. “Biasanya CT valuenya lebih rendah. Jadi saya sampaikan artinya ini adalah yang harus kita waspadai terkait dari varian Delta ini,” papar Nadia. 

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini