Luhut Sebut Kasus Covid-19 Akan Melonjak 10 Hari ke Depan, Ada Apa?

Tim Okezone, Okezone · Selasa 24 Agustus 2021 06:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 24 337 2460048 luhut-sebut-kasus-covid-19-akan-melonjak-10-hari-ke-depan-ada-apa-akQsOMYDVO.jpg Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan dalam 10 hari kedepan angka kasus terkonfirmasi dan kematian akibat Covid-19 akan mengalami kenaikan.

“Nah, saya hanya sekedar mengingatkan dalam beberapa hari ke depan akan kembali terjadi kenaikan tren kasus konfirmasi dan juga kasus kematian akibat tabungan kasus konfirmasi dan kematian yang akan dikeluarkan oleh berapa kabupaten dan kota. Ada mungkin beberapa ratus atau mungkin ribu data yang secara bertahap akan dikeluarkan dalam 10 hari kedepan ini,” kata Luhut dalam konferensi pers secara virtual, Senin (23/8/2021).

Luhut menjelaskan bahwa kenaikan angka tersebut adalah dari tabungan data-data daerah yang belum terlaporkan. “Hal ini terjadi karena perbaikan data kematian di beberapa wilayah yang sudah lebih baik dan telah kasus-kasus kematian sebelumnya tidak terlaporkan sudah banyak dilaporkan,” jelasnya.

Luhut menjelaskan bahwa saat ini pemeirntah telah memasukkan indikator kematian sebagai level asesmen yang ditetapkan oleh WHO. “Dalam evaluasi level 4 di atas, pemerintah kembali memasukkan data indikator kematian sebagai penilaian asesmen level sesuai acuan yang ditetapkan oleh WHO.”

“Jadi kalau waktu dua minggu yang lalu, kami mengambil itu karena kami mencoba membereskan datanya. Dan saya kira sekarang kerja keras dari Kementerian Kesehatan harus kita apresiasi data itu sudah makin baik. Walaupun masih juga ada beberapa daerah yang data-datanya masih membutuhkan mungkin 1, 2 minggu kedepan untuk lebih baik,” kata Luhut.

“Begitulah saya sebagai gambaran betapa susahnya kita mengatur ini. Dan bagaimana tadi juga di teman-teman di pemerintahan daerah,” paparnya.

(kha)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini