Terpidana Mati Ryan Jombang Siap Ajukan Lagi PK ke Mahkamah Agung

Erfan Maaruf, iNews · Selasa 24 Agustus 2021 05:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 24 337 2460034 terpidana-mati-ryan-jombang-siap-ajukan-lagi-pk-ke-mahkamah-agung-yMb40askw5.jpg Ryan Jombang (Foto: Ist)

JAKARTA - Terpidana mati kasus mutilasi Very Idham Henyansyah alias Ryan Jombang Kan kembali mengajukan banding atas pidana mati yang diterimanya. Dalam pengajuan banding, Ryan akan membawa bukti baru.

Pengacara Ryan Jombang, Kasman Sangaji mengatakan, pihaknya akan melakukan peninjauan kembali (PK) atas putusan yang diterima kliennya. Sebelumnya pada tahun 2012 Ryan Jombang juga telah mengajukan PK ke Mahkamah Agung (MA) namun ditolak.

"Iya tapi kami akan ajukan lagi," kata Kusman kepada MNC saat dihubungi mlalui pesan singkat, Selasa (24/8/2021).

Kasman percaya kliennya dapat lolos dari jeratan hukum mati. Kusman menyebut PK akan diajukan dengan membawa bukti terbaru. Meski begitu dia tidak menyebutkan alat bukti apa aja yang akan dia bawa.

"Iya kami akan ajukan lagi kumpulin bukti-bukti," jelasnya.

Sebelumnya, terpidana mati Ryan Jombang ramai disorot karena berselisih dengan Habib Bahar bin Smith padahal seharusnya Ryan telah dijatuhi vonis hukuman mati. Setelah ramai diperbincangkan, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat angkat bicara perihal alasan belum dilakukannya eksekusi mati terhadap terpidana kasus mutilasi, Very Idham Henyansyah alias Ryan Jombang.

Kasi Penkum Dodi Gazali Emil mengatakan, alasan belum dilakukannya eksekusi mati karena Kejati ingin memastikan hak-hak hukum terpidana telah terpenuhi oleh terpidana.

"Kita harus memastikan proses-proses yang menyangkut hak hukum yang bersangkutan sudah terpenuhi, karena ini menyangkut dengan nyawa. Kita harus sangat berhati-hati dan ada proses-proses hak hukum yang dapat dia tempuh dulu sebelum dia dieksekusi itu pada dasarnya," kata Dodi saat dihubungi MNC Portal Indonesia melalui telepon, Jumat (20/8/2021).

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini