Share

Peristiwa 24 Agustus: Binasanya Kota Pompeii

Tim Okezone, Okezone · Selasa 24 Agustus 2021 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 24 337 2460023 peristiwa-24-agustus-binasanya-kota-pompeii-DYjuZcK9R1.jpg Reruntuhan Kota Pompeii (Foto: Ist)

JAKARTA - Beberapa peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 24 Agustus. Agar mengingat serta menambah wawasan sejarah, Okezone merangkum sejumlah peristiwa penting dan bersejarah, sebagaimana dikutip dari Wikipedia.org:

79 Masehi - Gunung Vesuvius meletus dan mengubur Kota Pompeii

Pada 79 Masehi, Gunung Vesuvius yang berada di Kota Napoli, Italia, meletus. Letusan gunung tersebut menghancurkan Pompeii, kota pada zaman Romawi Kuno.

Debu letusan Gunung Vesuvius menimbun Pompeii yang menyebabkan kota ini hilang selama 1.600 tahun. Kota ini kembali ditemukan secara tak sengaja setelah beribu tahun lamanya.

Gunung Vesuvius sempat membuat Kota Pompeii tenggelam karena abu yang dimuntahkannya. Abu panas tersebut menyebabkan puluhan ribu orang meninggal dunia dan mengubur Kota Pompeii.

Tak hanya Pompeii, letusan Gunung Vesuvius menghancurkan Kota Herculaneum dan Stabiae. Berdasarkan catatan, Gunung Vesuvius merupakan gunung berapi yang cukup aktif di daratan Eropa.

1903 - Hari Lahir Mohammad Yamin

Mohammad Yamin lahir pada 24 Agustus 1903. Dia lahir dari pasangan Usman Baginda Khatib dan Siti Saadah di Sawahlunto, Sumatera Barat.

Yamin dikenal luas sebagai sastrawan, sejarawan, budayawan, politikus, dan ahli hukum. Kini, namanya dikenang sebagai pahlawan nasional Indonesia. Selain itu, Mohammad Yamin merupakan salah satu pelopor Sumpah Pemuda.

Banyak karyaa Yamin yang menjadi catatan sejarah pemersatu bangsa Indonesia. Yamin tercatat pernah menjabat sebagai Menteri saat zaman Presiden Soekarno. Dia pernah menjabat sebagai Menteri Penerangan Indonesia, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, serta Menteri Kehakiman.

19941 - Adolf Hitler secara resmi menghentikan aksi T4

Pemimpin Jerman secara resmi Adolf Hitler memerintahkan untuk mengghentikan program T4 pada 24 Agustus 1941. T4 merupakan program pemerintah Nazi Jerman untuk membunuh penduduk yang menyandang kelainan genetika.

Penghentian program tersebut dilakukan Hitler setelah mendapatkan protes dari publik Jerman. Diperkirakan sekira 200.000 orang dibunuh dalam program tersebut antara tahun 1939 dan 1941.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

1989 - RCTI mulai mengudara di Jakarta sebagai stasiun televisi swasta pertama di Indonesia

Stasiun televisi swasta pertama Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) resmi mengudara pada 24 Agustus 1989. Sebenarnya, RCTI sudah mengudara sejak 13 November 1988, tapi baru diresmikan pada 24 Agustus 1989.

Berdasarkan catatan, RCTI menerima izin siaran pada 1 Januari 1987 di Jakarta dan sekitarnya dengan dekorder. RCTI telah berdiri pada 21 Agustus 1987 di Jakarta dan dibangun di atas tanah seluas 10 Hektar.

2006 - Persatuan Astronomi Internasional memutuskan mengubah status Pluto dari yang sebelumnya planet menjadi planet kerdil.

Pada 24 Agustus 2006, Persatuan Astronomi Internasional (IAU) memutuskan mengubah status Pluto yang sebelumnya planet menjadi planet kerdil.

Pluto ditemukan tahun 1930 dan awalnya dinyatakan sebagai planet kesembilan dari Matahari. Setelah 1992, status planet tersebut dipertanyakan setelah para astronom menemukan sabuk Kuiper, lingkaran objek di luar Neptunus yang mencakup Pluto dan benda-benda lainnya.

Tahun 2005, Eris, yang massanya 27% lebih besar daripada Pluto, ditemukan. Persatuan Astronomi Internasional mengeluarkan definisi resmi 'planet' untuk pertama kalinya pada 2006. Pluto tidak sesuai dengan definisi ini dan dipindahkan ke golongan 'planet katai' yang baru saja dibuat, lebih tepatnya plutoid.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini