Juliari Divonis 12 Tahun, Pakar Hukum: Jika Ingin Buat Jera Harus Tegas!

Erfan Maaruf, iNews · Selasa 24 Agustus 2021 04:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 24 337 2460020 juliari-divonis-12-tahun-pakar-hukum-jika-ingin-buat-jera-harus-tegas-8NMTGrNMnP.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Direktur Pusat Studi Konstitusi (Pusako) Fakultas Hukum Universitas Andalas Feri Amsari menilai vonis 12 tahun yang dijatuhkan kepada mantan Menteri Sosial Juliari Batubara tidak sebanding. Vonis yang diterima Juliari dinilai tidak sebanding dengan kerugian negara akibat bantuan sosial (bansos) Covid-19.

"12 tahun tidak sebanding dengan kerugian keuangan 32 M yang dikorupsi," kata Feri saat dihubungi MNC Portalelalui pesan singkat, Selasa (24/8/2021).

Tidak hanya 12 tahun, Feri menilai vonis tersebut dinilai juga bakal kembali berkurang jika terpidana mengajukan banding dan kasasi di meja persidangan.

"Belum lagi ini bukan tidak mungkin dilanjutkan banding dan kasasi yang trennya berpihak pada koruptor," jelasnya.

Dia juga mempertanyakan pemberatan bagi korupsi yang dilakukan di masa pandemi tidak menyebabkan dijatuhkannya sanksi keras jika memang Juliari terbukti bersalah.

"Jika ingin membuat koruptor jera, terutama penyelenggara negara, maka sanksi pidananya harus tegas 20 tahun atau seumur hidup. Kalo terbukti kenapa pemberatan di masa pandemi tidak menyebabkan sanksi keras," pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini