Share

Deretan Kasus Lift Jatuh, Korbannya Ada Patah Tulang hingga Meninggal Dunia

Tim Okezone, Okezone · Senin 23 Agustus 2021 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 23 337 2459688 deretan-kasus-lift-jatuh-korbannya-ada-patah-tulang-hingga-meninggal-dunia-iVJRtJ0zNZ.jpeg Lift barang di Mal Margo City jatuh (Foto: Ist)

KASUS jatuhnya lift di Mal Margo City Depok, Jawa Barat bukanlah yang pertama. Bahkan, kasus terbaru terjadi pada 22 Agustus 2021, 8 orang terjebak di dalam lift salon kecantikan.

Kasus serupa sudah beberapa kali terjadi di gedung perkantoran, perbelanjaan, rumah sakit. Jatuhnya lift dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kondisi lift yang sudah tua hingga kelebihan kapasitas.  Berikut ini kasus lift jatuh:

22 Agustus 2021

Delapan orang terjebak di dalam lift salon kecantikan di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Peristiwa tersebut diduga karena kelebihan muatan. Dari delapan korban yang terjebak di dalam lift, tiga orang di antaranya pingsan dan langsung mendapat penanganan.

21 Agustus 2021

Suara ledakan terdengar keras dari Mal Margo City, Depok. Pihak polisi memastikan bahwa suara ledakan berasal dari lift barang yang terjatuh diikuti reruntuhan beberapa material bangunan. Akibat peristiwa tersebut, M yang merupakan karyawan di mal tersebut meninggal dunia setelah mendapat perawatan di RS UI.

Empat orang mengalami luka bakar, dua orang lainnya sudah di perbolehkan pulang setelah mendapat perawatan.

20 September 2019

Lift di Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Timur anjlok. Lift mati di lantai 2 dan anjlok ke lantai 1. Anjloknya lift karena kelebihan kapasitas, seharusnya lift kapasitas dengan 6 orang namun saat kejadiaan diisi oleh 12 orang. 12 orang sempat terjebak dalam lift. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

17 Maret 2017

Lift jatuh dari lantai 7 ke lantai dasar di pusat perbelanjaan Blok M Square, Jakarta Selatan. Menurut Kepala Kepolisian Sektor Kebayoran Baru, Ajun Komisaris Besar Teguh Wibowo kondisi lift penuh dan lift berbunyi namun tetap dipaksakan. Akibatnya terdapat 25 korban yang rata-rata mengalami patah tulang.

20 Januari 2017

Lift di Gedung BRI II, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, jatuh dari lantai 3 ke lantai dasar. Saat insiden terjadi, lift berisi orang. Namun, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

19 Juni 2016

Lift anjlok terjadi RS Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan. Lift yang mengalami kecelakaan adalah lift pengunjung. Lift anjlok dari lantai 4 ke lantai dasar karena kelebihan kapasitas. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Satu orang mengalami retak kaki.

Diolah berbagai sumber oleh Tika Vidya Utami/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini