Cerita Jenderal Soedirman: Tiga Hari dalam Seminggu Selalu Keliling Kampung

Tim Okezone, Okezone · Selasa 24 Agustus 2021 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 23 337 2459636 cerita-jenderal-soedirman-tiga-hari-dalam-seminggu-selalu-keliling-kampung-lp6Yjj9Mdi.jpeg Jenderal Soedirman. (Foto: Istimewa)

SOEDIRMAN sempat khawatir tidak bisa masuk tentara Pembela Tanah Air (Peta). Tetapi pada akhirnya, beliau diterima dan menjadi Daidanco alias komandan.

Sewaktu menjadi Daidanco, Soedirman selalu memerhatikan anak buah. Tiga hari dalam seminggu beliau selalu berkeliling kampung. Demikian dikutip dari buku "Teladan Hidup Panglima Besar Jenderal Soedirman" penulis Eri Sumarwan, diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, 2018.

Beliau juga rajin bersilaturahmi ke tokoh masyarakat. Itulah yang menyebabkan Soedirman sangat dicintai anak buah dan seluruh lapisan rakyat

Jenderal merupakan pangkat tertinggi dalam dunia ketentaraan. Ada beberapa jenjang kepangkatan, dari pangkat yang terendah, prajurit, hingga yang tertinggi, jenderal.

Istimewanya, Soedirman menerima pangkat Jenderal langsung dari Presiden Soekarno yang mengangkatnya. Hal ini karena Soedirman terpilih menjadi pemimpin tentara pada masa itu, dulu namanya Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

Baca juga: Jenderal Soedirman Pernah Cedera saat Main Sepakbola, Khawatir Tidak Diterima Jadi Tentara

Soedirman adalah Panglima pertama di Indonesia dengan sebutan Panglima Besar Jenderal Soedirman. Saat itu, Perang gerilya dilakukan Jenderal Soedirman untuk melawan tentara Belanda yang ingin menguasai kembali Indonesia. Pada saat itu, Belanda telah merebut sebagian wilayah Jawa, termasuk daerah Yogyakarta.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini