Share

Ma'ruf Amin: Pandemi Covid-19 Hambat Penurunan Angka Stunting

Dita Angga R, Sindonews · Senin 23 Agustus 2021 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 23 337 2459583 ma-ruf-amin-pandemi-covid-19-hambat-penurunan-angka-stunting-HU8PkKwmRx.jpg Wapres Ma'ruf Amin (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan, pemerintah terus mendorong upaya penurunan stunting di Tanah Air. Bahkan, targetnya bisa turun menjadi 14% di 2024.

“Capaian yang sudah baik selama 7 tahun terakhir, yang telah berhasil menurunkan prevalensi stunting dari 37,2% pada tahun 2013 menjadi 27,7% pada tahun 2019, harus terus dipertahankan untuk mencapai target 14% pada akhir tahun 2024.

Baca Juga: Wapres Minta BKKBN Dorong Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Namun, Maruf mengakui adanya pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri dalam upaya percepatan penurunan stunting. Salah satunya adalah program stunting yang pelaksanaannya terhambat karena adanya pandemi. 

“Kita juga memahami bahwa pelaksanaan beberapa program pada tahun 2020 terpengaruh pandemi. Terutama kegiatan layanan yang memerlukan interaksi langsung dengan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, alokasi anggaran untuk stunting pun tidak bisa semaksimal saat sebelum pandemi. Hal tersebut mengingat alokasi anggaran pemerintah saat ini difokuskan untuk penanganan Covid-19.

“Alokasi anggaran dan layanan kesehatan juga terfokus pada upaya untuk mengatasi Covid-19. Hal Ini tentu saja mempunyai dampak bagi pelaksanaan percepatan penurunan stunting,” tuturnya.

Baca Juga: Ma'ruf Amin: Menjaga Diri dari Bahaya Covid-19 Hukumnya Wajib!

Pada kesempatan itu, Ma'ruf menegaskan bahwa pemerintah bekerja dengan sungguh-sungguh untuk mengendalikan pandemi Covid-19.

“Mulai dari menyerukan dan menegakkan pelaksanaan 3M. Melakukan peningkatan 3T, yaitu tracing, tracking dan treatment. Serta melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi,” pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini