Share

Jenderal Soedirman Pernah Cedera saat Main Sepakbola, Khawatir Tidak Diterima Jadi Tentara

Tim Okezone, Okezone · Senin 23 Agustus 2021 06:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 23 337 2459443 jenderal-soedirman-pernah-cedera-saat-main-sepakbola-khawatir-tidak-diterima-jadi-tentara-mwGwHKPAdX.jpg Jenderal Sudirman (Foto: Ist)

SOEDIRMAN sempat menjadi guru SD. Tetapi, pada akhirnya beliau masuk tentara karena ingin membantu rakyat lepas dari kesengsaraan. Dulu, selama menjadi komandan PETA, Soedirman selalu membela rakyat dari kekejaman Jepang

PETA merupakan kepanjangan dari Pembela Tanah Air. Jepang membentuk PETA karena kekurangan tentara menghadapi serangan sekutu. Demikian dikutip dari buku "Teladan Hidup Panglima Besar Jenderal Soedirman" penulis Eri Sumarwan, diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, 2018.

Padahal, Jenderal Soedirman sempat merasa khawatir kalau gagal masuk seleksi PETA. Pasalnya, semasa remaja, Soedirman pernah cedera kaki karena bermain sepakbola.

Kemudian istri beliau menguatkan bahwa kalau memang Tuhan menghendaki, pasti nanti diterima di PETA. Yang penting, berusaha dan berdoa. Akhirnya, beliau diterima dan menjadi Daidanco alias komandan.

Untuk dapat menjadi jenderal, Soedirman harus melalui banyak ujian dulu. Beliau banyak berjuang dengan jiwa dan raganya. Bahkan, harta yang dimilikinya.

Namun, kedisiplinan dan jiwa pemimpinlah yang menyebabkan Soedirman menjadi jenderal. Bakat pemimpin Soedirman tampak sejak remaja. Soedirman remaja aktif di organisasi kepanduan Hizbul Wathan. Dari sinilah kedisiplinan dan kepemimpinan Soedirman diperoleh

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(kha)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini