Kisah Jenderal Soedirman di Masa Kecil: Suka Mendengar Cerita Pahlawan

Tim Okezone, Okezone · Senin 23 Agustus 2021 06:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 23 337 2459442 kisah-jenderal-soedirman-di-masa-kecil-suka-mendengar-cerita-pahlawan-TEoHpH4cHq.jpg Jenderal Sudirman (Foto: Ist)

SOEDIRMAN lahir di Dukuh Rembang, Desa Bantar Barang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, pada tanggal 24 Januari 1916.

Waktu kecil sering disebut Dirman. Sebagai murid, Dirman telah memiliki cara belajar yang berbeda. Dirman sering menyelidiki dan rasa ingin tahunya besar.

Bahkan sewaktu-waktu belajar kapan saja dan di mana saja. Apabila ia kesulitan dalam memahami pelajaran, ia akan datang ke rumah gurunya. Demikian dikutip dari buku "Teladan Hidup Panglima Besar Jenderal Soedirman" penulis Eri Sumarwan, diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, 2018.

Dirman suka pelajaran agama. Selain itu, kegemaran Dirman adalah mendengarkan cerita pahlawan. Apabila gurunya bercerita, Dirman akan memerhatikan dengan saksama dan penuh perhatian.

Sempat menjadi guru SD, pada akhirnya beliau masuk tentara karena ingin membantu rakyat lepas dari kesengsaraan. Dulu, selama menjadi komandan PETA, Soedirman selalu membela rakyat dari kekejaman Jepang

PETA merupakan kepanjangan dari Pembela Tanah Air. Jepang membentuk PETA karena kekurangan tentara menghadapi serangan sekutu.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini