Mengenal KRI Golok-688, Kapal Rudal Siluman Terbaik di Dunia Karya Anak Bangsa

Tim Okezone, Okezone · Senin 23 Agustus 2021 05:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 23 337 2459441 mengenal-kri-golok-688-kapal-rudal-siluman-terbaik-di-dunia-karya-anak-bangsa-WvS1J0rEVF.jpeg KRI Golok-688. (Foto: Antara)

JAKARTA - TNI Angkatan Laut (AL) resmi meluncurkan KRI Golok-688 yang disebut sebagai kapal rudal siluman terbaik di dunia. Alutsista TNI AL ini diluncurkan di galangan kapal PT Lundin Industry Invest, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu 21 Agustus 2021.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menjelaskan, KRI Golok merupakan jenis kapal yang memiliki kecepatan tinggi. Kapal dilengkapi persenjataan dan rudal.

“Sebagai kapal cepat rudal, geraknya harus berkecepatan tinggi, yang tugasnya hit and run," kata Yudo, Minggu. 

KRI Golok merupakan kapal asli buatan Indonesia yang dibuat oleh PT Lundin Industry Invest di Banyuwangi. Teknologi yang terdapat pada KRI Golok adalah bahan komposit serat karbon yang membuatnya sulit dideteksi oleh radar musuh.

Tak hanya itu, KRI Golok merupakan kapal trimaran berdesain khusus berbentuk lancip yang dirancang untuk melaju cepat.

Baca juga: Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar di Pulau Terluar dekat Malaysia

Adapun spesifikasi KRI Golok yakni merupakan kapal jenis KCR Trimaran dengan panjang keseluruhan 62,53 meter, lebar 16 meter, dengan tinggi kapal dari draft 18,7 meter dengan bobot 53,1 ton.

Kecepatan maksimum 28 knots, kecepatan jelajah 16 knots, kapal perang ini juga dipersenjatai meriam 30 mm dan senapan 12,7 mm serta mampu mengangkut 25 ABK. 

KRI Golok akan ditempatkan di wilayah yang rawan strategis untuk menjaga wilayah Indonesia. 

"Akan kami tempatkan dan operasionalkan di wilayah yang rawan strategis. Rencananya bisa di wilayah perbatasan Natuna dan Ambalat," ujar KSAL.

Ia menambahkan bahwa KRI Golok diambil dari nama sebuah senjata tradisional Nusantara yang dikenal sebagai senjata serba guna.

"Dinamai senjata, karena KRI Golok merupakan jenis kapal cepat yang harapannya bisa digunakan melaksanakan setiap tugas operasi militer, baik perang maupun non-perang dengan kecepatan tinggi," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini