Share

Cerita Raja Mataram Sultan Agung, Penguasa Pertama yang Berani Lawan Belanda

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 23 Agustus 2021 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 22 337 2459373 cerita-raja-mataram-sultan-agung-penguasa-pertama-yang-berani-lawan-belanda-J9kkA3c4w7.jpg Foto: Istimewa

SULTAN Agung Hanyokrokusumo, Raja Mataram Islam merupakan penguasa lokal pertama yang secara besar-besaran melakukan perlawanan dengan Belanda yang kala itu hadir lewat kongsi dagang VOC (Vereenigde Ooos Indische Compagnie).

Perlawanan Sultan Agung terhadap VOC di Batavia dilakukan pada tahun 1628 dan 1629. Demikian dilansir dari jogjakota.go.id.

Perlawanan tersebut disebabkan karena Sultan Agung menyadari bahwa kehadiran VOC di Batavia dapat membahayakan hegemoni kekuasaan Mataram Islam di Pulau Jawa.

Kekuasaan Mataram Islam pada waktu itu meliputi hampir seluruh Jawa dari Pasuruan sampai Cirebon. Sementara itu VOC telah menguasai beberapa wilayah seperti di Batavia.

Baca juga: Kisah Panembahan Senapati Bertemu Ratu Pantai Selatan Ketahuan Manusia

Selain itu, kehadiran VOC akan menghambat penyebaran agama Islam di Jawa yang dilakukan Sultan Agung. Sultan Agung memiliki prinsip untuk tidak penah bersedia berkompromi dengan VOC maupun penjajah lainnya.

Namun serangan Mataram Islam terhadap VOC yang berkedudukan di Batavia mengalami kegagalan disebabkan tentara VOC membakar lumbung persediaan makanan pasukan kerajaan Mataram Islam pada saat itu.

Baca juga: Indonesia Dapat Hibah 20.102 Obat Covid-19 Remdesivir dari Belanda

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(fkh)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini