Share

Taliban Berkuasa, KBRI Kabul Beroperasi Sementara dari Islamabad Pakistan

Fahreza Rizky, Okezone · Minggu 22 Agustus 2021 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 22 337 2459300 taliban-berkuasa-kbri-kabul-beroperasi-sementara-dari-islamabad-pakistan-ztjsFICs3q.jpg Jubir Kemenlu Teuku Faizasyah (Foto: Antara)

JAKARTA - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kabul, Afghanistan beroperasi dari Islamabad, Pakistan, untuk sementara waktu. Hal itu dilakukan menyusul terjadinya instabilitas politik pasca Taliban menguasai Afghanistan.

"KBRI Kabul dioperasionalkan dari Islamabad untuk sementara waktu," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Teuku Faizasyah saat dikonfirmasi MNC, Minggu (22/8/2021).

Pemerintah akan terus melakukan penilaian situasi keamanan di Afghanistan tiap harinya. Hal itu dilakukan guna mengumpulkan informasi sebagai bahan pengambilan keputusan untuk ke depannya.

Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi 26 WNI termasuk staf KBRI dari Afghanistan. Kemudian lima orang warga Filipina dan dua warga Afghanistan yang merupakan suami dari WNI dan staf lokal KBRI.

Baca juga: Ngabalin: Taliban Masih Ditetapkan sebagai Kelompok Teroris

Proses evakuasi menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara (AU) ini tidak mudah dan penuh dinamika. Hal itu terjadi karena instabilitas masih membayangi Afghanistan pasca Taliban berkuasa. Begitu pesawat mendapatkan izin mendarat, maka utusan Indonesia langsung bergegas mengevakuasi warga di sana.

Alhasil, tim gabungan yang dikomandoi TNI berhasil menyelesaikan misi evakuasi. Pesawat tiba di Tanah Air pada Sabtu 21 Agustus 2021 dini hari. Kedatangannya disambut langsung oleh Menlu Retno LP Marsudi dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Baca juga: Friba Rezayee, Olimpian Wanita Pertama Afghanistan yang Tolak Rezim Taliban

Gerilyawan Taliban berhasil memasuki Ibu Kota Afghanistan, Kabul, pada Minggu 15 Agustus 2021. Dikuasainya Kabul menjadi puncak dari serangan kilat Taliban terhadap pemerintah Afghanistan.

Cepatnya keruntuhan pertahanan pemerintah Afghanistan setelah penarikan pasukan AS dari negara itu telah mengejutkan semua pihak.

Baca juga: Taliban Kembali Berkuasa, BIN Dekati 'Alumni' Perang Afghanistan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini