Sederet Kasus Orang yang Mengaku Anggota TNI

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 22 Agustus 2021 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 22 337 2459145 sederet-kasus-orang-yang-mengaku-anggota-tni-SSQTkK1YNV.jpeg Ilustrasi (Ist)

MENJADI anggota TNI memang impian banyak orang. Kesan gagah dan berani menjadikannya disegani. Namun, ada beberapa kasus tentang orang-orang yang mengaku sebagai anggota TNI. Kesempatan tersebut menjadi momen bagi tersangka untuk berbuat arogan kepada warga, bahkan hingga melakukan penipuan. Berikut adalah deretan kasus orang yang mengaku sebagai anggota TNI.

1. Deli Serdang, Sumatera Utara

Seorang pria berbuat onar dengan berusaha menikam warga dengan sangkur pada 27 Juli 2021. Kejadian bermula saat pelaku melintasi rumah korban, F pukul 9 malam. Pelaku lantas menggeber motornya di depan korban, korban pun menegur pelaku.

Pelaku yang tengah berada di bawah pengaruh alkohol itu tidak terima dan berusaha menyakiti korban. Ia mengaku sebagai anggota TNI. Warga sekitar dan petugas koramil lantas mengamankan pelaku. Ketika diminta kartu anggota TNI, pelaku jelas tidak bisa menunjukkannya.

2. Pekanbaru, Riau

Mantan napi di Pekanbaru, Riau mengaku sebagai anggota TNI dan melakukan pemerasan kepada seorang wanita. Ternyata, wanita yang menjadi korbannya adalah sang kekasih yang ia kenal lewat media sosial Facebook.

Di akun Facebooknya, tersangka memasang foto dengan menggunakan seragam TNI. Korban pun tertarik dan keduanya memutuskan untuk berpacaran jarak jauh. Kemudian, seiring berjalannya waktu tersangka mengirimkan foto dan video tak layak kepada korban. Ia juga meminta korbannya untuk mengirimkan video yang sama. Senjata inilah yang digunakan tersangka untuk melakukan pemerasan. Ia mengancam akan menyebarkan video milik korban jika tidak diberikan uang. Ditreskimsus Polda Riau akhirnya berhasil meringkus korban pada Februari 2021.

3. Palangkaraya, Kalimantan Timur

Seorang narapidana yang masih meringkuk di Lapas II A Kota Palangkaraya berulah dengan menipu beberapa wanita melalui media sosial. Ia meminta para wanita itu untuk mengirimkan sejumlah uang dengan iming-iming akan dinikahi. Terlebih, tersangka membuat akun media sosial Instagram palsu dan mengaku sebagai anggota TNI.

Baca Juga : Ngaku TNI dan Polisi, 2 Napi Tipu dan Peras Wanita dari Lapas

4. Medan, Sumatera Utara

Kedok M, seorang pria 50 tahun sebagai anggota TNI gadungan berhasil dibongkar. M sudah berpura-pura menjadi anggora TNI selama 12 tahun. Aksinya itu diketahui oleh petugas Babinsa Koramil 0201-05/Medan Baru, HP saat berpapasan dengan M. HP curiga lantaran baju seragam dan atribut yang digunakan M tidak umum. Saat diminta menunjukkan kartu anggota dan NRP, M tidak mampu menunjukkan dan justru memberikan jawaban berbelit. Pelaku langsung diserahkan ke Polrestabes Medan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

5. Padang, Sumatera Barat

Kasus lainnya datang dari Padang, Sumatera Barat. ADY, pria berusia 48 tahun nekat melakukan penipuan dan mengaku sebagai Kolonel yang bertugas di Mabes TNI. Modusnya adalah, tersangka mengaku bisa membantu proses mutasi korban dari Kodam IV Mulawarman, Kalimantan Selatan ke Kodam I Bukit Barisan, Sumatera Utara. Korban harus mengirimkan sejumlah uang kepada tersangka. Akibatnya, korban mengalami rugi hingga Rp252 juta. (diolah dari berbagai sumber/Ajeng Wirachmi/Litbang MPI)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini