Kisah Sejumlah Pendaki Tersesat di Gunung

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 22 Agustus 2021 07:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 22 337 2459144 kisah-sejumlah-pendaki-tersesat-di-gunung-U2tSQjyAOg.jpg Ilustrasi (Dok Okezone)

KEGIATAN mendaki gunung merupakan hal kegemaran bagi banyak orang di Indonesia. Sebuah Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga menyebut jika mendaki gunung memiliki banyak manfaat positif, seperti meningkatkan kebugaran fisik, sebagai sarana rekreasi hingga memperoleh kesenangan dan merevitalisasi pikiran. Namun, kewaspadaan saat melakukan pendakian menjadi hal utama, agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan. Berikut adalah kisah para pendaki yang tersesat di gunung :

1. Gunung Wilis

Rombongan pendaki dikabarkan tersesat setelah melakukan pengibaran bendera di puncak Gunung Wilis yang berada di Jawa Timur. Dikutip dari berbagai sumber, pendaki yang terdiri dari 2 orang perempuan dan 13 orang laki-laki itu belum juga ditemukan hingga 19 Agustus 2021.

Kejadian itu bukan pertama kali terjadi di Gunung Wilis. Sebelumnya, pada Desember 2015, 25 pendaki yang merupakan siswa SMKN tersesat di lokasi tersebut. Kabar baiknya, seluruh pendaki yang tersesat itu berhasil dievakuasi dan berada dalam kondisi baik. Meskipun, 1 orang pendaki harus dibopong menggunakan tandu karena penyakit hernia yang dideritanya kambuh.

2. Gunung Ungaran

Pendaki Gunung Ungaran, Semarang yang berjumlah 3 orang dikabarkan hilang pada 5 Agustus 2021. Para pendaki yang semula terdiri dari 6 orang mulai melakukan pendakian melalui jalur Nyatnyono di Ungaran Barat. Akan tetapi, hanya 3 pendaki yang berhasil turun pada sore harinya. Sementara, 3 orang lainnya diyakini tersesat. Dilansir dari Okezone.com, pihak BPBD kabupaten Semarang menerima laporan adanya pendaki yang tersesat itu pada pukul 9 malam. Pencarian pun langsung dilakukan, hingga akhirnya ketiga pendaki berhasil ditemukan pada 7 Agustus 2021 dengan kondisi yang sangat lemas.

3. Gunung Lawu

Gunung setinggi 3.265 meter di atas permukaan laut yang terletak provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur ini memang cukup terkenal dengan beberapa kisah pendakinya yang tersesat. Salah satunya adalah kisah pendaki yang berhasil bergabung kembali dengan rombongannya, setelah tersesat di gunung tersebut.

Baca Juga : Viral, Pendaki Berhubungan Seks di Ketinggian 1.981 Meter di Atas Gunung

Ketika tersesat, si pendaki mengaku dituntun oleh seekor burung jalak. Momen tersebut ia unggah ke media sosial pada Februari 2021 dan viral. Pemilik akun mengaku itu adalah video lama saat dirinya melakukan pendakian ke Lawu pada Agustus 2020 lalu.

Saat kejadian berlangsung, pendaki yang berinisial MH itu melakukan pendakian bersama sekitar 20 orang lainnya, dan dipecah ke dalam tim. Ia dan seorang temannya lantas terpisah dari rombongan dan tidak mengetahui trek yang ada, karena baru pertama kali mendaki Gunung Lawu.

Saat menemui kebuntuan itulah, MH dihampiri seekor burung jalak. Anehnya, burung tersebut tidak terbang. Melainkan, hanya lompat-lompat di jalur pendakian. MH akhirnya bisa bertemu kembali dengan rombongannya setelah dituntun oleh burung tersebut.

4. Gunung Abbo

Seorang perempuan dengan inisial E yang berusia 24 tahun hilang secara misterius di Gunung Abbo, Sulawesi Selatan. E diketahui tersesat dan menghilang sejak awal Juni 2021. Setelah melakukan pencarian selama 4 hari, tim SAR gabungan menemukan sebuah jaket biru muda yang diduga milik sang pendaki. Petugas menemukan jaket tersebut di sebuah bukit terjal sekitaran lokasi E berkemah. Proses pencarian lantas akan difokuskan ke wilayah tersebut. (Diolah dari berbagai sumber/Ajeng Wirachmi/Litbang MPI)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini