Share

Potensi Tsunami Selatan Jawa Bisa Sampai Jakarta? BMKG: Skenario Terburuk

Binti Mufarida, Sindonews · Sabtu 21 Agustus 2021 16:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 21 337 2458960 potensi-tsunami-selatan-jawa-bisa-sampai-jakarta-bmkg-skenario-terburuk-myoQ95SSTE.JPG Foto: BMKG

JAKARTA - Belakangan ini ramai di media sosial mengenai potensi tsunami dari dampak gempa megathrust di selatan Jawa, berdampak hingga Jakarta. 

Merespons hal itu, Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono mengatakan bahwa ini merupakan skenario terburuk. 

Dia pun mengatakan bahwa skenario tersebut untuk membangun kesiapsiagaan masyarakat terhadap potensi bencana tsunami. 

‚ÄúTerkait kajian potensi¬†tsunami¬†dampak gempa megathrust di selatan Jawa yang berdampak hingga Jakarta dengan skenario terburuk, untuk tujuan membangun kesiapsiagaan masyarakat patut diapresiasi,‚ÄĚ tegas Daryono dalam keterangannya, Minggu (21/8/2021).

Daryono pun menegaskan bahwa kajian potensi bahaya tersebut menggunakan skenario terburuk untuk rujukan mitigasi jika terjadi bencana. Sehingga, skenario terburuk itu pun belum tentu akan terjadi.

Baca juga: Pakar ITB Ingatkan Potensi Tsunami Selatan Jawa Setinggi 20 Meter, Air Laut Nyaris Sampai Istana

‚ÄúKajian potensi bahaya dengan menggunakan skenario terburuk penting untuk rujukan mitigasi, jadi kita ambil pahitnya agar kita lebih siap, meski kapan terjadinya tidak ada yang tahu, bahkan bisa jadi skenario terburuk tersebut belum tentu terjadi,‚ÄĚ tegas Daryono.

Selain itu, Daryono mengatakan bahwa BMKG telah menyusun peta bahaya tsunami di seluruh pantai yang rawan tsunami. 

‚ÄúDalam mendukung upaya mitigasi konkret, BMKG menyusun peta bahaya¬†tsunami¬†seluruh pantai rawan¬†tsunami. Untuk Pulau Jawa, sudah dibuat sebanyak 41 peta, dengan rincian: 5 peta di Banten, 5 peta di Jabar, 17 peta di Jateng, 3 peta di DIY, dan 11 peta di Jatim,‚ÄĚ papar Daryono.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini