Soal Youtuber M Kece, Sekjen PBNU: Kami Mengecam, Pernyataannya Penuhi Unsur Hatespeech

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 21 Agustus 2021 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 21 337 2458931 soal-youtuber-m-kece-sekjen-pbnu-kami-mengecam-pernyataannya-penuhi-unsur-hatespeech-8M7ipp2SrW.jpg Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini (Foto: Tangkapan layar)

JAKARTA - Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini mengatakan, bahwa PBNU mengecam keras Youtuber Muhammad Kece. Sebab, pernyataan dalam videonya yang diposting di Youtube telah memenuhi unsur hatespeech atau ujaran kebencian.

"Menurut kami pernyataannya telah memenuhi unsur hatespeech atau ujaran kebencian thdp satu agama, maka, pertama, kami mengecam keras pernyataan dari Muhammad Kece karena ini dapat menangganggu kerukunan antarumat beragama yang telah dibangun selama ini dengan luar biasa indahnya," ujarnya melalui keterangan pers, Sabtu (21/8/2021).

Baca Juga: Diduga Menistakan Agama, Youtuber M Kece dalam Bidikan Polisi 

Kemudian yang kedua, sambung Helmy, mendesak aparat keamanan dalam hal ini adalah kepolisian untuk mengusut tuntas dan melakukan penegakan hukum sesuai dengan peraturan perundang undangan secara adil terhadap Muhammad Kece.

Ketiga, pihaknya mengajak untuk saling menghormati terhadap sesama, meski dalam perbedaan agama, paham, pikiran dan pandangan. Perbedaan tersebut jangan sampai menimbulkan permusuhan dan kebencian.

"Marilah kita saling menghormati, menghargai atas adanya perbedaan agama, perbedaan pikiran, perbedaan golongan, perbedaan suku, dan perbedaan bahasa dan seterusnya," ujarnya.

"Marilah kita snantiasa terus menghidupkan spirit moderasi beragama bahwa kita adalah bangsa yang saling hormati antar satu dan lainnya, sekaligus kita terus menjaga persatuan dan kesatuan kita," pungkasnya.

Diketahui, ada sejumlah akun di Youtube yang menayangkan video Muhammad Kece bicara mengenai Islam, di antaranya akun Muhammad Kece, juga akun MurtadinIndonesia. Dalam video-video tersebut, yang beberapa di antaranya berupa diskusi virtual, ucapan M Kece dinilai kerap menistakan agama Islam.

Baca Juga:  Ketika KH Hasyim Asya'ari Serahkan Dua Putranya dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Di antara ucapan Muhammad Kece yang disoal adalah dia menyebut kitab kuning yang diajarkan di pondok pesantren menyesatkan dan menimbulkan paham radikal. Selain itu, dia juga menyebut ajaran Islam dan Nabi Muhammad SAW tidak benar sehingga harus ditinggalkan.

"Karena memang Muhammad Bin Abdullah ini pengikut jin," ujarnya dalam tayangan di akun Youtube Muhammad Kece berjudul 'Kitab Kuning Membingungkan' yang diunggah pada 19 Agustus 2021.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini