Soekarno Jadi Nama Masjid di Rusia, Bung Hata Nama Jalan di Belanda

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 21 Agustus 2021 07:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 20 337 2458734 soekarno-jadi-nama-masjid-di-rusia-bung-hata-nama-jalan-di-belanda-YAws2IHPhL.jpeg (Foto : Istimewa)

DALAM rangka mengenang jasa dari kedua pendiri bangsa yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, banyak didapatkan fasilitas umum yang mengabadikan nama Soekarno-Hatta sebagai nama dari tempat tersebut. Tak hanya di dalam negeri, nama Presiden dan Wakil Presiden Pertama RI juga dikenal serta diakui di berbagai penjuru dunia.

Tidak sedikit ditemukan tempat-tempat umum di luar negeri seperti taman, masjid, monumen, hingga jalan yang diberi nama Soekarno atau Hatta. Hal ini sebagai bentuk penghormatan lantaran keduanya menjadi sosok yang inspiratif serta memiliki andil besar bagi Indonesia maupun bangsa lain. Berikut deretan fasilitas umum di dalam dan luar negeri yang dinamai Soekarno dan Hatta:

1. Jalan Soekarno Hatta, Bandung

Sosok Soekarno Hatta rupanya membekas di kota berjulukan kembang, yang mana nama keduanya dijadikan nama jalan terpanjang di kota ini. Jalan Soekarno Hatta pernah menjadi salah satu jalan terpanjang di Bandung, dengan panjang jalan mencapai 18,3 kilometer yang memanjang dari Bundaran Cibiru hingga Jalan Sudirman.

Pada awalnya di tahun 1980-an, orang-orang mengenal jalan ini dengan sebutan bypass, yang dibuat guna mengurangi kendaraan masuk ke kota. Namun jalan ini juga dikenal akan kemacetannya, akibat memotong beberapa jalan yang padat di kota ini seperti Jalan Buah Batu, Jalan Moh Toha, Jalan Kopo, serta Jalan Kiaracondong.

2. Soekarno Parque, Meksiko

Nama Presiden Pertama RI pun mengharumkan sebuah taman kota umum yang berlokasi di Kota Mexico City. Diapresiasi sebagai salah satu tokoh perdamaian dunia dan perintis hubungan bilateral dengan negara ini, taman kota ini pun diberi nama Soekarno Parque. Patung Soekarno juga terlihat berdiri kokoh di tengah taman, sementara tulisan “Soekarno Parque” berwarna merah putih terpampang di depan taman.

Taman ini diresmikan pada tanggal 26 September 2019, yang dihadiri oleh Puan Maharani selaku cucu dari sang Bapak Proklamator. Tampak dari unggahan foto di akun Instagram Puan, yang menarasikan taman ini sebagai simbol pengingat bahwa kedua negara memiliki hubungan yang kuat.

3. Mohammed Hattastraat, Belanda

Dianggap memiliki jejak sejarah yang besar dengan Belanda, nama Bapak Wakil Presiden Pertama RI pun dijadikan nama jalan di Belanda. Tanda jalan Mohammed Hattastraat berwarna biru terpampang di salah satu kota di Belanda, tepatnya Kota Harlem.

Kemudian juga terlihat di bawah tulisan Mohammed Hattastraat, tercantum tulisan tahun 1902-1980 berwarna putih, yang merupakan tahun kelahiran dan wafatnya Bung Hatta.

4. Blue Mosque atau Masjid Soekarno, Rusia

Penghormatan terhadap Soekarno pun sampai ke negeri Rusia, dimana namanya digunakan untuk menyebut salah satu masjid terkenal yang menjadi kebanggaan di Saint Petersburg, Rusia. Blue Mosque awal mulanya sempat akrab dengan sebutan Masjid Soekarno, lantaran dirinya yang pernah berjasa dalam menghidupkan kembali tempat ibadah tersebut ketika sedang berkunjung.

Bangunan tersebut pernah berpindah fungsi menjadi tempat gudang, namun Soekarno lah yang mengembalikan kegunaan bangunan itu sebagai masjid bagi umat Islam pada masa pemerintahan Nikita Kruschev.

5. Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten

Siapa yang tak kenal dengan bandara yang menjadi ikonik sebab diberi nama dwitunggal tokoh proklamator kemerdekaan Indonesia. Bandara yang juga dikenal dengan sebutan Bandara Cengkareng atau sebutan kode “CGK” ini mulai beroperasi pada tanggal 1 Mei 1985, yang secara utama melayani penerbangan untuk Jakarta.

Bandara yang memiliki luas 18 km² ini dirancang oleh arsitek Perancis Paul Andreu, yang dibangun untuk menggantikan Bandar Udara Kemayoran dan Halim Perdanakusuma.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini