Share

Densus 88: Kelompok Teroris Jamaah Islamiyah Ikut Berpolitik

Puteranegara Batubara, Okezone · Jum'at 20 Agustus 2021 18:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 20 337 2458629 densus-88-kelompok-teroris-jamaah-islamiyah-ikut-berpolitik-dyEWQ82uUp.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri telah menemukan fakta bahwa kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI), ikut berpolitik di tatanan sosial masyarakat.

Kabagbanops Densus 88 Antiteror Polri Aswin Siregar mengungkapkan, pergerakan jaringan teroris Jamaah Islamiyah di Indonesia sangat lihai. Mereka dapat bergerak secara senyap agar tak terdeteksi aparat.

"Kami mengingatkan bahwa jaringan Jamaah Islamiyah ini sangat lihai menyesuaikan dengan kondisi keadaan yang ada. Mungkin ikut berpolitik, menyusup ke dalam masyarakat dan kemudian menggunakan cara-cara yang terlihat damai, aman," kata Aswin dalam jumpa pers di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat (20/8/2021).

Menurutnya, hal tersebut juga tergambar dari sejumlah pengungkapan modus operandi yang digunakan oleh jaringan teroris ini untuk menggalang dana dari masyarakat. Misalnya, menggunakan kotak amal atau mengadakan kegiatan lain yang bernuansa keagamaan Islam.

Aswin menuturkan, dalam tiga tahun terakhir penangkapan tersangka teroris dari jaringan JI selalu mengalami peningkatan yang drastis. Menurutnya, jumlah tangkapan itu banyak jika dibandingkan dengan kelompok lain.

"Pada 2019 ada 25 orang, tahun 2020 ada 64 orang dan sekarang (2021) sampai dengan Agustus saja sudah 123 orang. Dari jumlah penangkapan yang banyak, kami harus tetap waspada dan tetap istilahnya menjaga keamanan di wilayah kita masing-masing," ujar Aswin.

Densus 88 Antiteror Polri menangkap 53 orang terduga teroris di 11 Provinsi Indonesia. Operasi penindakan tersebut dilakukan sejak tanggal 12 Agustus hingga 17 Agustus 2021.

Adapun 11 wilayah yang dilakukan penangkapan yakni, Sumatera Utara (Sumut) delapan orang, Jambi tiga orang. Lalu, Kalimantan Barat satu orang, Kalimantan Timur tiga orang, Sulawesi Selatan tiga orang, Maluku satu orang, Banten enam orang, Jawa Barat empat orang, Jawa Tengah 11 orang, Jawa Timur enam orang dan Lampung tujuh orang.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(kha)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini