Pesan Jokowi untuk Kepala Daerah: Kalau Vaksin Datang Langsung Habiskan!

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 20 Agustus 2021 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 20 337 2458616 pesan-jokowi-untuk-kepala-daerah-kalau-vaksin-datang-langsung-habiskan-2sJV29NIZB.JPG Presiden Joko Widodo (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA — Presiden Joko Widodo memerintahkan kepala daerah untuk segera menghabiskan vaksin Covid-19 begitu barang tersebut tiba di daerah masing-masing. Jangan sampai masih ada stok yang tersisa.

Hal itu dikatakan Jokowi saat memberikan arahan kepada Forkopimda se-Jawa Timur, sebagaimana dilihat dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (20/8/2021).

"Saya minta seluruh bupati/walikota kalau vaksin datang langsung habiskan secepat-cepatnya, minta lagi," ucap Jokowi.

Menurut Jokowi Indonesia kedatangan vaksin Covid-19 banyak sekali di Agustus 2021. Ia ingin kondisi ini tidak disia-siakan daerah dan segera mengakselerasi penyuntikkan.

"Ini pas timing di Agustus ini pas karena datang vaksinnya banyak sekali. 72 juta. Kemudian bulan depan 70 juta. Yang biasanya yang sebulan itu hanya 8 juta, 10 juta. Selama 7 bulan kita hanya dapat 68 juta. Berarti per bulan hanya 10 juta. Ini 72, 70 (juta) sehingga cepat habiskan. Jangan sampai ada stok vaksin di cold storage bapak ibu semuanya. Segera dihabiskan," tegasnya.

Jokowi mengaku mempunyai angka-angka capaian vaksinasi tiap kabupaten/kota. Capaian vaksinasi di Jatim sendiri menurut Kepala Negara sudah lumayan baik.

"Tetapi sebetulnya bisa ditingkatkan dengan cepat dalam bulan Agustus dan September ini. Hati-hati. Ini stok-stoknya. Sekarang saya ikuti semuanya. Stok vaksin di kota Batu berapa? Tahu, masih 19.000. Di Kota Kediri masih berapa? Tahu 4.900 dan lain-lain. Ini segera dihabiskan. Jangan ada stok di cold storage yang kita miliki," tutup Jokowi.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini