Share

Olivia Jensen Lempar Bendera, Berikut Deretan Kasus Pelecehan Simbol Negara

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 20 Agustus 2021 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 20 337 2458469 olivia-jensen-lempar-bendera-berikut-deretan-kasus-pelecehan-simbol-negara-ia8HxsY1X8.jpeg Bendera Merah Putih. Foto: (Dok Okezone.com/Salman M)

SEBAGAI seorang warga negara Indonesia, sudah sepatutnya menghargai dan menghormati simbol negara yang ada. Bukan justru menghina atau melecehkannya. Terbaru, dugaan pelecehan terhadap simbol negara dilakukan artis Olivia Jensen.

Berikut daftar kasus pelecehan terhadap simbol negara:

1. Olivia Jensen

Aktris Olivia Jensen baru-baru ini menjadi perbincangan hangat lantaran dianggap melakukan pelecehan terhadap bendera Merah Putih. Melalui akun Instagram-nya, Olivia mengunggah sebuah video yang memperlihatkan ia mengangkat bendera dan menjatuhkannya.

Ia kemudian berganti pakaian menggunakan kebaya. Video itu mendapat kecaman dari banyak pihak, karena dipandang menghina dan melecehkan bendera Merah Putih.

Setelah video tersebut viral, Olivia diketahui menghapusnya dan meminta maaf. Namun demikian, ia terancam dipolisikan oleh berbagai pihak atas tindakannya itu.

2. Parodi Lagu Indonesia Raya

Sebuah video berjudul ‘Indonesia Raya Instrumental (Parody + Lyrics)’ yang diunggah ke media sosial YouTube pada Desember 2020 lalu viral lantaran mengubah lirik dalam lagu Indonesia Raya dalan konteks yang amat negatif. Hal tersebut dinilai sangat melecehkan lagu Indonesia Raya, yang merupakan simbol negara. 

Setelah ditelisik, pelaku di balik kejadian itu adalah 2 anak laki-laki WNI. Dugaan sebelumnya, pelaku adalah warga Malaysia. Polisi berhasil mengamankan 1 tersangka berinisial NJ yang baru berusia 11 tahun di Sabah, Malaysia. Tersangka lainnya, MDF adalah siswa kelas 3 SMP asal Cianjur, Jawa Barat juga berhasil diamankan pihak kepolisian.

3. Pembakaran Bendera Merah Putih

Seorang pria di Lampung nekat membakar bendera Merah Putih pada April 2021. Aksinya tersebut viral di media sosial, hingga ia pun berhasil diringkus pihak kepolisian.

Pria 30 tahun berinisial NS itu tidak bisa melakukan apapun saat ditangkap polisi. Saat dimintai keterangan, ia mengaku kesal kepada pemerintah, hingga akhirnya memutuskan untuk membakar bendera. Tersangka diancam kurungan 7 tahun penjara.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

4. Pengguntingan Bendera Merah Putih

Video seseorang yang melakukan tindakan negatif terhadap simbol negara lagi-lagi viral di jagad maya. Seorang wanita asal Sumedang, Jawa Barat terekam menggunting bendera Merah Putih. Banyak pihak yang menilai hal tersebut sebagai tindakan pelecehan terhadap simbol negara.

Setelah video tersebut ramai, pihak kepolisian langsung melakukan pemeriksaan terhadap 3 orang saksi. Selain itu, diamankan pula beberapa barang bukti seperti gunting, potongan bendera dan telepon genggam yang digunakan untuk merekam kejadian itu.

Belakangan diketahui, polisi berhasil menetapkan 3 orang tersangka. Mereka adalah para ibu-ibu yang terlibat langsung dalam video yang diunggah pada 15 September 2020 tersebut.

5. Penghinaan Terhadap Pancasila

Kasus selanjutnya terjadi di Karawang, Jawa Barat pada Januari 2021. Seorang wanita diketahui menyebut Pancasila sebagai sampah, yang jelas merupakan tindak pelecehan. Hal itu diunggah dalam bentuk video di media sosial.

Sementara itu, dalam sebuah foto yang ramai di media sosial Twitter, wanita yang sama juga terlihat berani menginjak-nginjak buku dengan lambang Garuda Pancasila. Wanita berinisial A itupun langsung ditangkap pihak kepolisian untuk diperiksa. Kondisi kejiwaan A juga tak luput dari pemeriksaan.

(Ajeng Wirachmi/Litbang MPI)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini