Masjid Istiqlal Gelar Sholat Jumat, Jamaah Wajib Perlihatkan Sertifikat Vaksin

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 20 Agustus 2021 07:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 20 337 2458226 masjid-istiqlal-gelar-sholat-jumat-jamaah-wajib-perlihatkan-sertifikat-vaksin-XelsgyV1SX.jpeg Masjid Istiqlal. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Masjid Istiqlal menggelar Sholat Jumat hari ini, Jumat (20/8/2021). Pelaksanaan sholat berjamaah ini perdana dilakukan selama masa PPKM Level 4. Lantas apa aturan yang diterapkan untuk para jamaah? 

Wakil Kepala Bagian Humas Istiqlal, Amaq Dalilah Saparwadi mengatakan, meski Sholat Jumat mulai dibuka untuk umum, namun masih terbatas dan tetap dengan pemberlakuan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

"Aturannya masih mengacu yang 25 persen (kapasitas)," ujarnya saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Pengelola Istiqlal juga mewajibkan jamaah yang hadir untuk menunjukkan sertifikat vaksinasi kepada para petugas sebelum memasuki kawasan Masjid Istiqlal.

“Sudah divaksin menjadi syarat boleh beribadah di Masjid istiqlal. Jamaah cukup menunjukkan ke petugas pintu gerbang Istiqlal," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Bidang Penyelenggaraan Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah Abdul Salam mengatakan, protokol kesehatan yang ada di Masjid Istiqlal Jakarta cukup ketat. 

Baca juga: Terjadi Lagi, Keluarga Jemput Paksa Jenazah Pasien Covid-19 dan Rusak Fasilitas RS

Di antaranya, jamaah wajib menggunakan masker, membawa sajadah atau alas salat sendiri, dan tetap menjaga jarak satu dengan yang lain.

Sebelumnya diberitakan, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 Covid-19 masih dilanjutkan selama 7 (tujuh) hari, terhitung sejak 17 Agustus sampai dengan 23 Agustus 2021. 

Kebijakan tersebut dituangkan dalam Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 987 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Corona Virus Desease 2019 serta sebagai pelaksanaan dari Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Desease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali. 

Dalam Keputusan Gubernur tersebut, tercantum bahwa selama masa perpanjangan PPKM Level 4, masyarakat yang akan melakukan aktivitas di setiap tempat atau sektor-sektor yang telah ditetapkan, harus sudah divaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama.

Kecuali bagi warga yang masih dalam masa tenggang tiga bulan setelah terkonfirmasi Covid-19, dapat menunjukkan bukti hasil laboratorium.

Untuk aturan Tempat ibadah (Masjid, Mushola, Gereja, Pura, Vihara dan Klenteng serta tempat lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah): Maksimal 50% (lima puluh persen) kapasitas atau 50 (lima puluh) orang dengan memerhatikan protokol kesehatan lebih ketat dan/atau pengaturan teknis dari Kementerian Agama. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini