Deretan Kasus Penarikan Motor Libatkan Mata Elang Berakhir Ricuh

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 20 Agustus 2021 07:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 19 337 2458067 deretan-kasus-penarikan-motor-libatkan-mata-elang-berakhir-ricuh-VhU53qzkCE.jpg Ilustrasi (Ist)

MATA elang atau debt collector adalah mereka yang bertugas untuk menagih hutang atau menagih pembayaran yang belum lunas. Di Indonesia, mata elang kerap terlibat beberapa kasus. Berikut daftarnya sebagaimana dirangkum pada Jumat (19/8/2021) :

1. Sawah Besar, Jakarta Pusat

Video bentrokan antara pengemudi ojek daring dengan debt collector viral di media sosial pada 6 Juli 2021 sekira pukul 17.00 WIB. Dirangkum dari berbagai sumber, belum diketahui secara pasti apa motif di balik bentrok tersebut.

Dugaan sementara hal tersebut terjadi karena adanya salah paham. Sejam kemudian, polisi berhasil membubarkan kejadian itu dan mengimbau kedua belah pihak untuk membuat laporan jika ada korban.

2. Purwakarta, Jawa Barat

Seorang remaja berusia 15 tahun menjadi korban penganiayaan mata elang pada 22 Juli 2021 di Purwakarta, Jawa Barat. Akibatnya, korban mengalami luka serius di bagian kepalanya karena dipukul menggunakan helm.

Ketika itu, korban LW sedang mengendarai motor bersama temannya. Ketika tiba di wilayah Cipaisan, korban dicegat oleh sekelompok orang yang mengaku sebagai debt collector. Mereka lantas meminta koban dan temannya untuk menyerahkan motor yang dipakai, karena sudah menunggak pembayaran cicilan selama 4 bulan. Tak pikir panjang, pelaku memukul kepala LW dengan menggunakan helm hingga memar.

Baca Juga : Bersihkan Aura Negatif, Warga Gelar Ritual Mecaru di Lokasi Pembunuhan oleh Debt Collector

3. Kediri, Jawa Timur

Warga Mojoroto, Kediri terekam kamera menjadi korban pengeroyokan oleh sekelompok orang yang mengaku sebagai debt collector pada Mei 2021. Video tersebut sempat viral dan mendapat atensi dari warganet.

Korban yang berinisial RB itu ditabrak dengan sengaja oleh pelaku hingga terjatuh. Tidak hanya itu, pelaku lain juga mengoroyok korban. Akibatnya, korban mengalami luka di beberapa bagian tubuhnya. Korban sempat melarikan diri dan dibantu warga sekitar, hingga melaporkan kasus ini ke pihak kepolisian.

4. Denpasar, Bali

Sebanyak 7 orang debt collector menjadi tersangka dalam kasus pembunuhan seorang anggota ormas di Denpasar, Bali pada 23 Juli 2021. Kejadian bermula saat 4 orang tersangka mendatangi rumah korban, KW di wilayah Kuta. Kedatangan tersebut bertujuan menarik motor korban lantaran sudah menunggak pembayaran angsuran.

Karena tidak menemukan titik terang, proses diskusi itu dibawa ke kantor sebuah perusahaan yang ada wilayah Denpasar. Setibanya di sana, titik terang tak jua digapai. Suasana justru semakin panas hingga berujung keributan dan pengeroyokan terhadap KW.

KW yang datang bersama saudaranya, B, langsung berlari menyelamatkan diri. Ia juga menderita bacok di bagian kepalanya. Meskipun sudah berusaha kabur, namun para tersangka tetap melakukan pengejaran dan akhirnya berhasil menemukan B. Kemudian, B dibacok dan tewas. (Diolah dari berbagai sumber/Ajeng Wirachmi/Litbang MPI)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini