Masih Banyak Masyarakat yang Tak Punya NIK, Dirjen Dukcapil: Segera Melapor Kami Jemput Bola

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Kamis 19 Agustus 2021 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 19 337 2457922 masih-banyak-masyarakat-yang-tak-punya-nik-dirjen-dukcapil-segera-melapor-kami-jemput-bola-EpVeloU5TT.jpg Pemaparan virtual Kemendagri tentang NIK.(Foto:YouTube))

JAKARTA - Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Zudan Arif Fakhrulloh, mengakui masih banyak warga tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK). Oleh karena itu, ia meminta masyarakat lapor, Kemendagri akan jemput bola.

"Kami mohon kepada seluruh masyarakat bantu kami, kalau ada menemukan komunitas yang mengaku belum mempunyai NIK hubungi kami, kami akan jemput bola. Kalau ada penduduk masuk dalam kategori miskin kronis belum punya NIK, kami siap jemput bola," ucap Zudan dalam pemaparan virtual di Youtube KPK RI, Kamis (19/8/2021).

"Kami bisa memberikan treatment melakukan pendataan seperti yang terakhir kita lakukan bersama Ibu Mensos di komunitas adat terpencil di Provinsi Jambi Suku Anak Dalam," imbuhnya.

Baca Juga: Orangtua Tak Punya NIK Hambat Pendataan Yatim-Piatu Korban Covid-19

Zudan mengatakan bahwa saat ini data kependudukan yang dimiliki Dukcapil sebanyak ratusan juta yang nantinya terkoneksi dengan NIK.

"Saat ini data kependudukan kita ada 272 juta tugas utama Dukcapil itu mencatat siapa namanya, tempat tanggal lahirnya dengan 31 elemen data dan kemudian data penduduk itu di transformasi menjadi NIK. 31 elemen data itu passwordnya kalo dalam sistem kependudukan kita adalah NIK. Nah 272 juta penduduk kita ini yang sudah terdata di database semuanya memiliki NIK," terangnya.

(saz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini