Mahfud MD : Saya Setuju Kritik Itu Vitamin, Orang Harus Diberi Kebebasan Mengkritik

Riezky Maulana, iNews · Kamis 19 Agustus 2021 11:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 19 337 2457761 mahfud-md-saya-setuju-kritik-itu-vitamin-orang-harus-diberi-kebebasan-mengkritik-w5alOG98jH.jpg Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto : Okezone.com/Dede Kurniawan)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD setuju bahwa kritik adalah vitamin. Menurut dia, masyarakat harus diberikan kebebasan untuk mengkritik.

"Saya setuju kritik itu vitamin. Orang harus diberi kebebasan untuk mengritik," tutur Mahfud melalui akun Twitter pribadinya @mohmahfudmd, dikutip, Kamis (19/8/2021).

Namun, sambung dia, kritik juga tidaklah harus ditelan secara mentah-mentah. Menurutnya, kritik harus didengar dan bisa dijawab. Apalagi kalau referensi isu dan dalil dasarnya salah.

"Kritik itu bukan harus ditelan mentah-mentah. Ia harus didengar tapi bisa dijawab, apalagi kalau referensi isu dan dalil dasarnya salah," ucapnya.

Sebelumnya, dalam pidato kenegaraannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan dirinya menyadari berbagai hal selama pandemi Covid-19 ini. Salah satunya kelelahan dan kesusahan masyarakat.

“Saya menyadari adanya kepenatan, kejenuhan, kelelahan, kesedihan, dan kesusahan selama pandemi Covid-19 ini,” katanya di Gedung MPR/DPR/DPD, Senin (6/8/2021).

Dia juga menyadari, banyak kritikan yang ditujukan kepada pemerintah. Utamanya terhadap hal-hal yang belum diselesaikan pemerintah.

“Saya juga menyadari, begitu banyak kritikan kepada pemerintah, terutama terhadap hal-hal yang belum bisa kita selesaikan,” ungkapnya.

Baca Juga : Sebut Korupsi Musibah bagi Indonesia, Ini Penjelasan Mahfud MD

Jokowi menilai kritik yang membangun itu sangat penting. Menurutnya kritik tersebut selalu dijawab pemerintah dengan pemenuhan tanggung jawab, sebagaimana yang diharapkan rakyat.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini