Kepatuhan LHKPN DPR Hanya 55%, Dasco: Sekarang Banyak Kegiatan, Jadi Tak Fokus

Carlos Roy Fajarta, · Kamis 19 Agustus 2021 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 19 337 2457756 kepatuhan-lhkpn-dpr-hanya-55-dasco-sekarang-banyak-kegiatan-jadi-tak-fokus-v28WnpAk5L.jpg Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (Foto: DPR.go.id)

JAKARTA - Tingkat kepatuhan anggota DPR RI dalam Laporan Harta Kekayaan Negara (LHKPN) menurun drastis hanya 55 persen. Hal tersebut diungkapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurut Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, pihaknya akan mengingatkan seluruh fraksi di DPR agar memastikan seluruh anggotanya sudah melaporkan LHKPN. Dasco berdalih, banyak anggota menjadi tidak fokus karena menangani berbagai hal terkait pandemi Covid-19

"Itu nanti kita cek lagi, karena di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini banyak kegiatan jadi tidak fokus," ujar Sufmi Dasco Ahmad di Lobby Gedung Nusantara III Kompleks DPR/MPR/DPD Senayan Jakarta Pusat, Kamis (19/8/2021).

Baca Juga:  Dasco: Rata-Rata Fraksi di DPR Setuju RUU APBN 2022

Lebih lanjut, Sufmi Dasco Ahmad menegaskan, akan memberikan pengumuman kepada seluruh anggota DPR agar bisa segera melaporkan kewajibannya tersebut sebagai bentuk transparansi kepada publik.

"Nanti kami akan ingatkan kepada kawan-kawan. Yang belum melaporkan LHKPN agar segera melaporkan LHKPN-nya," katanya.

Sebelumnya, KPK menyebutkan bahwa tingkat kepatuhan penyerahan LHKPN pejabat legislatif DPR menurun drastis sepanjang Semester I 2021 hanya sebesar 55 persen. Padahal, tenggat waktu pelaporan LHKPN 2020 sudah jatuh tempo pada Maret 2021 silam.

"Legislatif dulu itu 100 persen DPR dan DPRD karena KPU mensyaratkan, kalau mau maju legislatif harus isi LHKPN, jadi 100 persen. Sekarang yang DPR jatuh tinggal 55 persen," ujar Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan dalam konferensi pers Capaian Kinerja Bidang Pencegahan dan Stranas KPK Semester I, Rabu 18 Agustus 2021.

Baca Juga:  Gelar Paripurna Bahas RUU APBN, Ketua DPR Minta Fraksi Beri Masukan Komperhensif

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini