Raja Majapahit Raden Wijaya, Gelarnya Terhubung dengan Ken Arok dan Jayawisnuwardana

Tim Okezone, Okezone · Kamis 19 Agustus 2021 07:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 18 337 2457266 raja-majapahit-raden-wijaya-gelarnya-terhubung-dengan-ken-arok-dan-jayawisnuwardana-S7oiSLkAES.jpg Raden Wijaya (Ist)

MAJAPAHIT merupakan kelanjutan dari kerajaan Singasari, yang tercermin dari nama abhiseka Raden Wijaya ketika naik tahta, yaitu Kertarajasa Jayawardana.

Nama tersebut terdiri atas empat kata yaitu kerta, rajasa, jaya, wardhana. Keempat kata yang dapat dihubungkan dengan nama raja-raja Singasari sebagai leluhur Raden Wijaya yaitu Kertanegara, Rajasa (Ken Angrok), dan Jayawisnuwardana. Demikian dikutip dari buku "Majapahit, Batas Kota dan Jejak Kejayaan di Luar Kota", editor Prof Dr Inajati Adrisijanti yang diterbitkan Kepel Press, 2014.

Asal-usul Majapahit disebutkan dalam kitab Pararaton dan Nagarakretagama diawali dengan pembukaan hutan Trik yang terletak di Delta Sungai Brantas oleh Raden Wijaya. Peristiwa tersebut terjadi pada tahun 1293 M.

Hutan yang semula banyak ditumbuhi pohon maja tersebut kemudian berkembang menjadi perkampungan yang dihuni oleh orang Madura dan orang Tumapel. Daerah tersebut menjadi tempat yang subur, dengan tanaman-tanaman seperti bunga pucung, pinang, kelapa, pisang, serta persawahan.

Sampai saat ini belum ada sumber atau penelitian yang menyebutkan alasan perpindahan pusat atau cikal bakal kerajaan Majapahit dari hutan Trik (dari data toponim diperkirakan berada Dusun Medowo, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur) ke Trowulan, dan kapan peristiwa perpindahan itu terjadi.

Baca Juga : Raja-Raja Majapahit Ternyata Keturunan Ken Arok, Pendiri Kerajaan Singasari

Penelitian yang dilakukan oleh Kusumohartono di situs Medowo menghasilkan temuan berupa fragmen tembikar, bata, keramik asing, bandul jala, mata uang, alat logam, alat batu, dan tulang yang tersebar di area yang cukup luas.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini