Share

Megawati: Kemerdekaan Bukan Hanya Seremonial

Felldy Utama, iNews · Selasa 17 Agustus 2021 10:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 17 337 2456733 megawati-kemerdekaan-bukan-hanya-seremonial-dXneqfad01.jpg Megawati Soekarnoputri (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Presiden kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri memberikan pesan khusus di acara peringatan hari ulang tahun republik Indonesia (HUT) Ke-76 Republik Indonesia (RI). Ia berharap rasa kemerdekaan itu benar-benar bisa diartikan mendalam dalam sebuah cita-cita bangsa ke depannya.

Megawati mengatakan, sebenarnya yang paling penting oleh bangsa Indonesia saat ini adalah untuk tidak pernah meninggalkan sejarah. Khususnya, sejarah bagaimana Indonesia ini bisa merdeka.

"Jadi menurut saya ini, terutama untuk anak-anak muda proklamasi ke-76 ini, rasa kemerdekaan itu memang bukan hanya seremonial saja, tapi harus didalami, di dalam sebuah cita-cita ke depan bahwa begitu besar pengorbanan kita," kata Megawati dalam testimoninya di acara peringatan HUT RI ke-76 yang disiarkan akun youtube Sekretariat Presiden, Selasa (17/8/2021).

Ketua Umum DPP PDI-Perjuangan itu menyebut merdeka itu sebetulnya karena bangsa Indonesia menginginkan mandiri. Oleh karenanya, untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan, ia mengajak pemuda-pemuda Indonesia menatap masa depan dengan penuh gagah berani serta kecerdasan untuk bisa membangun negeri ini dengan kekayaan yang belum dikelola dengan baik untuk menghasilkan sesuatu.

Baca Juga : HUT Ke-76 Indonesia, SBY: Semoga Membawa Berkah Bagi Indonesia

Apabila semangat ini terus digelorakan, Megawati meyakini bukan tidak mungkin bangsa Indonesia akan mampu berdiri di atas kakinya sendiri. Artinya, Indonesia sebagai bangsa besar tidak perlu menjadi sebuah bangsa yang bergantungan dengan negara lain.

"Dan semangat itu harus seperti api yang tak kunjung padam. Kita jangan terlena, kita baru berumur 76 tahun, kita inginnya ribuan tahun berdiri. Itu makna yang ingin saya sampaikan dalam rangka 76 tahun kemerdekaan kita. Sekali lagi, penuh semangat, gotong royong, bangunlah jiwanya bangunlah badannya, merdeka," ujar Mega.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini