Share

HUT Ke-76 RI, Naskah Proklamasi Tulisan Soekarno Akan Ditampilkan di Istana Merdeka

Arie Dwi Satrio, Okezone · Senin 16 Agustus 2021 21:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 337 2456581 hut-ke-76-ri-naskah-proklamasi-tulisan-soekarno-akan-ditampilkan-di-istana-merdeka-eVJ8DexqjE.jpg Naskah proklamasi tulisan Soekarno selama ini dilestarikan ANRI. (Foto/Sekretariat Presiden)

JAKARTA - Naskah asli proklamasi tulisan Presiden pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno, akan kembali ditampilkan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada hari kemerdekaan Indonesia, Selasa, 17 Agustus 2021, besok. Naskah tersebut akan ditampilkan saat upacara peringatan proklamasi kemerdekaan RI.

Naskah asli tulisan tangan Bung Karno tersebut telah diterima pihak Sekretariat Kepresidenan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), pada pagi tadi. Naskah tersebut saat ini telah disimpan di Istana Merdeka untuk besok disandingkan dengan bendera pusaka Merah Putih.

Baca juga: Kukuhkan Paskibraka DKI, Anies Sampaikan Pesan Perjuangan

"Telah kami terima dari ANRI yang selanjutnya akan kami bawa ke Istana Merdeka dan rencananya besok, pada tanggal 17 Agustus 2021 dokumen tersebut akan dihadirkan dan juga disandingkan bendera pusaka pada upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI," kata Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden, Sony Kartiko melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (16/8/2021).

Foto/ANRI

Sementara itu, Direktur Preservasi ANRI, Kandar menjelaskan, naskah asli teks proklamasi tulisan Presiden Soekarno sudah dilestarikan di ANRI sejak 1992. Naskah tersebut merupakan salah satu benda yang sangat bersejarah bagi kemerdekaan bangsa Indonesia. Oleh karenanya, naskah tersebut sangat dijaga keamanan dan kelestariannya.

Baca juga: HUT Ke-76 RI, Menag: Pandemi Mengajarkan Pentingnya Perasaan Senasib Sepenanggungan

"Ini tahun kedua dihadirkan di Istana Negara bersandingan dengan teks proklamasi ketikan Sayuti Melik dan juga bendera pusaka," kata Kandar.

"Dan juga selama ada di Istana itu juga pengaturan suhu, dan kelembabannya, bahkan pencahayaannya diatur sedemikian rupa oleh tim Arsip Nasional bersama tim dari Setpres ini tetap upaya mengamankan, melestarikan secara ketat dengan berbagai hal standar kearsipan internasional dan juga prokes ketat," sambungnya.

Sekadar informasi, tahun ini merupakan tahun kedua arsip bersejarah tersebut dihadirkan di Istana Merdeka bersandingan dengan teks proklamasi yang diketik oleh Sayuti Melik dan bendera pusaka. Hal ini merupakan salah satu upaya edukasi kepada masyarakat luas mengenai awal mula sejarah Indonesia. (Fzy)

(wdi)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini