5 Hadiah untuk Presiden Soekarno dari Pemimpin Dunia

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Selasa 17 Agustus 2021 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 337 2456533 5-hadiah-untuk-presiden-soekarno-dari-pemimpin-dunia-9TxPOcOSW7.jpg Presiden Soekarno pernah mendapat hadiah cerutu dari pemimpin Cuba, Fidel Castro. (Foto/Wikimedia Commons)

PRESIDEN pertama Indonesia Soekarno adalah salah satu pemimpin yang berpengaruh di dunia. Dia juga dikenal akrab dengan para pemimpin dunia. Tidak heran, pemimpin dunia memberi hadiah kepada Soekarno. Berikut hadiah untuk Soekarno dari Pemimpin Dunia.

5. Mobil Cadillac Fleetwood 75 (Presiden Amerika Serikat, John F Kennedy)

Mobil Cadillac Fleetwood 75 adalah pemberian Presiden Amerika Serikat John F Kennedy untuk Presiden Indonesia Soekarno. Pemberian mobil ini merupakan salah satu bentuk keharmonisan yang dijalani Soekarno dan John F Kennedy. Ini merupakan mobil dinas Presiden Soekarno yang terakhir selama menjabat.

Baca juga: Ketika Prabowo Cerita Keluarganya Pernah Berseberangan dengan Bung Karno

Foto/ANRI

Baca juga: Megawati Cerita Persahabatan Dua Proklamator, Bung Karno Tak Punya Wapres Selain Bung Hatta

4. Mobil Fiat Chrysler Crown Imperial (Raja Arab Saudi, Abdulaziz Al-Saud)

Saat melaksanakan ibadah haji pada 1955, Soekarno diberi fasilitas mobil Fiat Chrysler Crown Imperial oleh Raja Arab Saudi, Abdulaziz Al-Saud. Mobil tersebut menjadi yang paling mahal di kelasnya dan menjadi tunggangan para pemimpin dunia. Saat akan pulang ke Indonesia, Abdulaziz Al-Saud memberikan mobil tersebut kepada Soekarno.

3. Pesawat Ilyushin Il-18 (Pemimpin Uni Soviet, Nikita Sergeyevich Khrushchev)

Persahabatan yang dijalani oleh Soekarno dan Nikita Sergeyevich Khrushchev akrab. Nikita Sergeyevich Khrushchev menghadiahkan pesawat Ilyushin Il-18 kepada Bung Karno. Bung Karno memberi nama pesawat tersebut dengan Dolok Martimbang. Pada 16 April 1957, pesawat tersebut resmi digunakan oleh Bung Karno sebagai pesawat kepresidenan.

Foto/Kemendikbud

2. Pembebasan Visa Bagi Warga Indonesia (Raja Maroko, Mohammed V)

Pada 1960, Raja Maroko Mohammed V memberikan hadiah kepada Soekarno berupa pembebasan visa bagi warga Indonesia yang berkunjung ke Maroko. Pemberian Mohammed V berupa pembebasan visa masih berlaku hingga saat ini. Warga Indonesia dapat berkunjung ke Maroko tanpa visa selama 3 bulan.

1. Cerutu (Presiden Kuba, Fidel Alejandro Castro Ruz)

Fidel Castro mempunyai hubungan dekat Soekarno. Pada 1959, Fidel Castro mengunjungi Soekarno di Jakarta untuk membahas misi dagang Kuba dan Indonesia. Pada pertemuan tersebut, Fidel dan Soekarno saling tukar hadiah. Fidel memberikan Soekarno sebuah cerutu. Sedangkan Soekarno memberikan keris dan kopiah kepada Fidel Castro.

 Foto/Wikimedia Commons

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini