4 Kali Bertemu, Jusuf Kalla Ungkap Taliban Kagum dengan Perkembangan Islam di Indonesia

Riezky Maulana, iNews · Senin 16 Agustus 2021 18:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 337 2456502 4-kali-bertemu-jusuf-kalla-ungkap-taliban-kagum-dengan-perkembangan-islam-di-indonesia-EwxxKjcSHx.jpg Jusuf Kalla pernah empat kali bertemu dengan kelompok Taliban. (Foto/Ist)

JAKARTA - Eks Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) pernah bertemu dengan para pimpinan Taliban sebanyak empat kali. Dia mengukapkan bahwa kelomppok tersebut kagum dengan Indonesia.

JK menjelaskan pertemuan itu dilakukan di dua lokasi berbeda, antara lain Jakarta dan Ibu Kota Qatar, Doha. Sedangkan pertemuan dengan pemerintah Afghanistan pimpinan Presiden Ashraf Ghani juga sempat dilakukan JK.

"Saya empat kali ketemu dengan pihak Taliban, dua kali di Jakarta, dua kali di Doha, dan juga pemerintah Afghanistan berkali-kali baik di Jakarta atau Kabul," tutur JK dalam konferensi pers virtual, Senin (16/8/2021).

Foto/MPI

Dirinya memiliki keyakinna bahwa Taliban sudah mengalami banyak perubahan ketimbang Tahun 1996 hingga 2001 dikala mereka berkuasa di Afghanistan. Menurut dia, Taliban kini memiliki pandangan lebih terbuka terhadap Islam.

Baca juga: JK: Taliban Tak Akan Usik KBRI di Afghanistan

"Itulah dulu kenapa saya undang dua kali pimpinan Taliban ke Indonesia untuk melihat Islam bisa berkembang cara begini, dengan cara yang moderat," katanya.

Baca juga: Ratusan Orang Terlihat Putus Asa Berdesakan Naik Pesawat di Bandara Kabul

Bahkan, berdasar pengakuan JK, Taliban kagum dengan Islam yang ada di Indonesia yang tak konservatif. Untuk mempelajari itu lebih jauh, Taliban juga menyempatkan untuk mengunjungi beberapa pesantren yang ada di Indonesia.

"Mereka sangat kagum melihat kita menjalankan Islam secara baik, tidak perlu konservatif. Dia mengunjungi pesantren-pesantren, ya salah satu tujuannya ialah merubah cara berpikir mereka untuk terbuka," jelasnya.

Sekadar informasi, JK memang dikenal aktif dalam upaya damai Afghanistan. Ketika masih menjabat sebagai Wapres di periode 2014-2019, JK beberapa kali terlibat langsung dalam perundingan damai tersebut.

Bahkan, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani secara terbuka meminta Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla menjadi mediator perundingan pihaknya dengan kelompok Taliban. Ashraf pernah menyebut bahwasanya dia optimistis Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan 12 itu dapat membantu mengakhiri konflik berkepanjangan yang terjadi di negaranya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini