Share

Jokowi Haru dan Bangga Atas Kinerja Tenaga Kesehatan

Dita Angga R, Sindonews · Senin 16 Agustus 2021 10:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 337 2456198 jokowi-haru-dan-bangga-atas-kinerja-tenaga-kesehatan-xZXSWpThI1.jpg Jokowi saat menghadiri Sidang Tahunan MPR (Foto : Youtube)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan dengan adanya pandemi Covid-19 membuat penyediaan layanan kesehatan mengalami peningkatan. Ia pun merasa haru dan bangga atas kerja keras yang telah dilakukan para tenaga kesehatan dalam menangani pasien Covid-19.

“Penyediaan layanan kesehatan oleh pemerintah maupun swasta juga mengalami peningkatan yang menggembirakan. Layanan kesehatan di banyak daerah bertambah cukup signifikan, baik dalam hal penambahan kapasitas tempat tidur, maupun fasilitas pendukungnya,” katanya saat menyampaikan pidato kenegaraan, Senin (16/8/2021).

Dia pun merasa terharu dan bangga terhadap kinerja para tenaga medis selama pandemi ini.

“Yang sangat mengharukan dan membanggakan adalah kerja keras dan kerja penuh pengabdian dari para dokter, perawat, dan tenaga kesehatan yang lain,” ungkapnya.

Baca Juga : Jokowi Bilang Lembaga Negara Semakin Responsif Hadapi Pandemi

Namun begitu dia mengaku bahwa kemandirian industri farmasi masih menjadi kelemahan.

“Kemandirian industri obat, vaksin, dan alat-alat kesehatan masih menjadi kelemahan serius yang harus kita pecahkan,” ujarnya.

Meski begitu dia menyebut adanya pandemi setidaknya mempercepat pengembangan industri farmasi dalam negeri. Salah satunya pengembangan vaksin merah putih.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

“Tetapi, pandemi telah mempercepat pengembangan industri farmasi dalam negeri, termasuk pengembangan vaksin merah-putih, dan juga oksigen untuk kesehatan,” katanya.

Jokowi juga memastikan adanya ketersediaan dan keterjangkauan harga obat. Dia tidak akan mentolerir siapapun yang mempermainkan harga adan ketersediaan obat.

“Tidak ada toleransi sedikit pun terhadap siapa pun yang mempermainkan misi kemanusiaan dan kebangsaan ini,” tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini