Share

Jokowi Bilang Lembaga Negara Semakin Responsif Hadapi Pandemi

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 16 Agustus 2021 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 337 2456181 jokowi-bilang-lembaga-negara-semakin-responsif-hadapi-pandemi-5zaayjj1uF.jpg Presiden Jokowi mengenakan baju adat Badui (Foto : Youtube)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim respons kelembagaan negara terhadap pandemi Covid-19 semakin responsif dan terkonsolidasi. Menurut dia wabah ini memang harus ditangani dengan cepat.

"Kapasitas kelembagaan negara dalam merespons pandemi juga semakin terkonsolidasi dan bekerja semakin responsif. Kita tahu bahwa pandemi harus ditangani secara cepat dan terkonsolidasi, dengan merujuk kepada data, ilmu pengetahuan dan teknologi," ujar Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR 2021, Senin (16/8/2021).

Jokowi mengaku paham bahwa praktik demokrasi, akuntabilitas, dan tata kelola yang baik harus dijunjung tinggi di tengah pandemi. "Kerja sama antarlembaga, serta kepemimpinan yang responsif dan konsolidatif, menjadi kunci dalam menangani pandemi," terangnya.

Menurut Jokowi, sejak awal pandemi lembaga legislatif dan lembaga pemeriksa memberikan dukungan kepada pemerintah untuk cepat mengonsolidasikan kekuatan fiskal.

"TNI, Polri, dan birokrasi dari tingkat nasional sampai tingkat desa, terus bahu membahu dalam melakukan pendisiplinan protokol kesehatan, 3T, termasuk vaksinasi dan penyiapan fasilitas isolasi terpusat," tuturnya.

Baca Juga : Jokowi: Pandemi Beri Penguatan Signifikan Dalam Infrastruktur Kesehatan Indonesia

Ia berujar, hampir semua Forkopimda bergerak terpadu dalam mengatasi permasalahan kesehatan dan perekonomian. Manajemen lapangan dalam testing, tracing, treatment dan vaksinasi, telah mengasah kepemimpinan di semua level pemerintahan.

"Saya yakin, kapasitas respons kita dalam menghadapi ketidakpastian di bidang kesehatan dan bidang-bidang lain juga semakin kokoh," kata Jokowi.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini