Jika Melihat Informasi Meragukan, Cek Situs-Situs Penangkal Hoaks Ini

Agnes Teresia, Okezone · Senin 16 Agustus 2021 06:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 337 2456076 jika-melihat-informasi-meragukan-cek-situs-situs-penangkal-hoaks-ini-2OrYp9vhO9.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA – Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, banyak hoaks yang bermunculan dan menyebar di masyarakat. Oleh karena itu, penting untuk selalu mencari tahu kebenaran dari informasi yang kita peroleh.

Ada beberapa platform yang disebutkan Ketua Presidium Mafindo, Septiaji Eko Nugroho untuk melakukan hal tersebut.

“Pertama, kalau dari sudut pandang pemerintah, pemerintah itu kan sudah punya situs namanya covid19.go.id ya disana segala macam informasi narasi tentang Covid-19 itu sudah ada. Kemudian juga sudah ada kanal hoax buster disana,” jelasnya dalam Special Dialogue bersama Okezone.

Selain pemerintah, Mafindo sebagai organisasi masyarakat sipil, juga memiliki situs bernama turnbackhoax.id juga cekfakta.com, sebuah bentuk proyek kolaboratif MAFINDO (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) yang bekerja sama dengan beberapa media online.

Mafindo juga menyediakan Chatbot melalui aplikasi Whatsapp yang dapat dihubungi melalui nomor 0859 2160 0500.

“Jadi masyarakat bisa menyimpan nomor itu dan bisa bertanya langsung. Jadi ini adalah sistem otomatis yang kami buat bekerja sama dengan pihak Whatsapp,” ujar Septiaji.

Septiaji mengatakan secara otomatis, setiap hari, situs ini akan diupdate dengan isu-isu yang dirasa menjadi perhatian masyarakat. Menurut Septiaji, saat ini ada banyak pula media yang memiliki kanal periksa fakta.

“Saya rasa sering sekali media memuat artikel-artikel periksa fakta. Jadi kesitulah kita harus mempercayakan informasi bukan kepada informasi yang tidak jelas apalagi dari sumber-sumber yang tidak jelas kredibilitasnya,” pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini