Butuh Dukungan Semua Pihak untuk Berantas Hoaks saat Pandemi Covid-19

Agnes Teresia, Okezone · Senin 16 Agustus 2021 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 337 2456073 butuh-dukungan-semua-pihak-untuk-berantas-hoaks-saat-pandemi-covid-19-JOs6XABanL.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA – Untuk memberantas hoaks yang marak beredar di masyarakat, dibutuhkan kerja sama dengan organisasi-organisasi sipil di masyarakat.

Hal ini dikatakan oleh Ketua Presidium Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), Septiaji Eko Nugroho dalam Special Dialogue bersama Okezone.

Septiaji merasa diperlukan pemahaman dan kesadaran dari aparatur, tokoh masyarakat agar mereka mampu mengklarifikasi isu-isu yang tidak benar dan meresahkan masyarakat.

“Nah jadi kalau mereka mungkin ya saat ini dapat hoaks di media sosial, dapat klarifikasi di dunia digital, mereka mungkin masih bingung gitu,” jelasnya.

Hoaks mengenai pandemi kini memang banyak menyebar dan dipercayai oleh masyarakat. Saat ini masyarakat Indonesia secara masif menggunakan media sosial dan aktif menerima dan menyebarkan informasi yang mereka dapat tanpa terlebih dulu mencari kebenaran dari informasi tersebut.

“Mafindo mungkin organisasi yang terlalu kecil kalau untuk menyelesaikan masalah ini, kita butuh berjejaring dengan organisasi-organisasi masyarakat sipil, NU, Muhammadiyah, PWI, KWI, PGI, kemudian mereka-mereka yang punya kepedulian. Saya rasa ini harus bersatu kalau tidak korbannya masih akan terus berjatuhan karena termakan hoaks ini,” kata Septiaji.

Seperti dikatakan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate sebelumnya, per 30 April 2021 Kementerian Informasi dan Informatika Republik Indonesia telah mencatat sebanyak lebih dari 1.550 hoaks terkait Covid-19 dan 177 hoaks tentang vaksin Covid-19.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini