Mafindo: Sayangi Keluarga dan Orang Terdekat Kita dengan Tidak Memberikan Info Hoaks

Agnes Teresia, Okezone · Senin 16 Agustus 2021 06:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 337 2456072 mafindo-sayangi-keluarga-dan-orang-terdekat-kita-dengan-tidak-memberikan-info-hoaks-62ZYhjLa6S.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Ketua Presidium Mafindo, Septiaji Eko Nugroho mengimbau masyarakat untuk memastikan setiap informasi yang mereka terima berasal dari sumber-sumber yang terpercaya.

Hal ini disampaikan Septiaji sebagai upaya mengedukasi masyarakat seiring dengan masifnya penyebaran berita hoaks selama pandemi covid-19.

“Bagi para masyarakat, mari kita sayangi diri kita, sayangi keluarga kita, sayangi tetangga kita, dan sayangi masyarakat kita dengan hanya memberikan informasi yang terpercaya,” jelas Septiaji dalam Special Dialogue bersama Okezone.

“Kalau kita menyebarkan informasi itu ternyata sepertinya baik tetapi ternyata malah keliru, itu malah bisa mencelakakan,” sambungnya.

Sumber terpercaya yang dimaksud Septiaji adalah otoritas kesehatan resmi yang berasal dari pemerintah seperti Kemenkes, KPCPEN, BNPB yang dapat dipastikan kebenaran informasinya. Septiaji juga menyarankan masyarakat untuk tidak sembarang mengambil informasi yang berasal dari media sosial ataupun grup percakapan.

“Berikan sebuah ruang, bahwa informasi yang kita dapatkan di ruang digital itu ada kemungkinan salah. Bahkan ketika yang menyebarkan itu adalah orang yang kita kenal.”

“Jadi kalau kita belum mendapatkan sumbernya secara langsung, kemudian juga kita masih ragu, maka crosscheck dulu ke sumber-sumber yang sudah jelas dan juga kepada, situs-situs atau pun sumber yang menyediakan klarifikasi atas periksa fakta,” imbaunya.

Sebelumnya, Septiaji menyampaikan berdasarkan catatan Mafindo, selama tahun 2020, jumlah hoaks dua kali lipat lebih banyak dibanding 2019 (tahun politik). 37 persen dari jumlah tersebut merupakan hoaks terkait dengan isu kesehatan.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini