Jokowi Minta Hasil PCR Keluar Maksimal 1x24 Jam, Ini Respons Kemenkes

Dita Angga R, Sindonews · Senin 16 Agustus 2021 00:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 15 337 2456029 jokowi-minta-hasil-pcr-keluar-maksimal-1x24-jam-ini-respons-kemenkes-fbndTjHhTr.jpeg Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan akan menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait dengan tes PCR. Namun terkait dengan lamanya hasil tes PCR masih akan dirumuskan lebih lanjut.

“Nanti dimatangkan tim dulu ya,” kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi, Minggu (15/8/2021).

Dia mengatakan untuk yang aksesnya mudah, maka akan diminta hasilnya 1x24 jam. Namun jika masih perlu pengiriman spesimen akan dibuat mekanisme tersendiri.

“Untuk yang aksesnya mudah akan diminta memberikan hasil 1x24 jam. Tapi yang masih perlu pengiriman spesimen atau tidak di kabupaten/kota yang sama mungkin ini akan dibuat mekanisme dengan pemanfaat teknologi informasi,” ujarnya.

Baca juga: Tindaklanjuti Permintaan Presiden Jokowi, Kemenkes Akan Turunkan Harga Tes PCR

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga meminta agar hasil tes PCR bisa diketahui lebih cepat. seperti diketahui saat ini pada umumnya hasil tes bisa diketahui dalam waktu 3x24 jam. 

“Selain itu juga saya minta tes PCR diketahui hasilnya dalam waktu maksimal 1x24 jam. Kita butuh kecepatan,” kata Jokowi.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini