Sejumlah Kasus Perampokan Minimarket, Pegawai Diancam Pakai Golok

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 15 Agustus 2021 07:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 15 337 2455779 sejumlah-kasus-perampokan-minimarket-pegawai-diancam-pakai-golok-qHoGdvCSui.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Berbagai tempat memang bisa saja menjadi sasaran empuk tindak perampokan. Tidak hanya menyasar rumah warga, perampokan seringkali dilakukan di minimarket, berikut sejumlah kejadiannya:

1. Cisauk, Tangerang

Aksi perampokan di Cisauk, Tangerang terjadi pada 8 Agustus 2021 pukul 20.30 malam. Pelaku diketahui bernisial S dan beraksi seorang diri dengan membawa sebuah senjata tajam serta mengendarai sepeda motor. 

Ketika itu, suasana minimarket sedang sepi. S kemudian mengarahkan senjata tajam miliknya ke kasir yang tengah berjaga, dengan mengeluarkan kata-kata ancaman. Akibatnya, uang hasil penjualan yang ada di laci kasir habis digasak pelaku.

Tak lama berselang, polisi berhasil membengkuk tersangka dan mengamankan barang bukti. Adapun motif yang melatarbelakangi aksi nekat S melakukan tindak kejahatan ini adalah karena kesulitan ekonomi. Ia juga mengaku baru sekali ini melakukan aksinya.

2. Palangka Raya, Kalimantan Tengah

Kejadian selanjutnya adalah aksi perampokan minimarket di wilayah Palangka Raya pada Senin, 17 Mei 2021. Tersangka merampok saat minimarket sudah sepi dan akan tutup. Hal tersebut diketahui dari hasil kamera pengawas yang terdapat di dalam minimarket tersebut. 

Awalnya, pelaku berpura-pura sebagai seorang pembeli. Melihat suasana sudah sepi, ia lantas menghampiri bagian kasir. Dengan membawa senjata tajam berupa celurit, pelaku mengancam seorang pegawai yang sedang menghitung uang pendapatan dan memintanya menyerahkan uang tersebut. 

3. Serpong Utara, Tangerang Selatan

Perampokan minimarket di Serpong Utara pada 26 Mei 2021 pukul 11 malam ini dilakukan oleh 2 orang pelaku saat minimarket akan tutup. Pelaku tiba-tiba menghampiri pegawai kasir, lalu menodongkan golok dan mengancamnya.

Ia berhasil menggondol uang tunai dan barang-barang yang ada di tempat itu dengan nilai menyentuh Rp50 juta. Proses penyelidikan masih terus berlangsung dengan bekal rekaman kamera pengawas dan keterangan saksi yang ada.

4. Ciparay, Bandung

Sebuah minimarket di wilayah Ciparay, Bandung menjadi sasaran empuk perampokan yang terjadi pada 2 Januari 2021, sekitar pukul 10 malam. Aksi perampok ini terekam dalam kamera pengawas. Pelaku yang berjumlah 2 orang langsung mengarahkan senjata tajam kepada pegawai minimarket. Keduanya lantas meminta karyawan untuk membuka brankas dan menggasak isinya.

5. Bekasi, Jawa Barat

Tindak kejahatan perampokan minimarket berikutnya terjadi pada 8 September 2020 di kota Bekasi, Jawa Barat pukul 2 dini hari. Pelaku yang diketahui berjumlah 2 orang, menghampiri pegawai minimarket dan mengacungkan senjata tajam ke arah pegawai tersebut.

Akibatnya, uang minimarket senilai Rp28 juta berhasil dibawa kabur pelaku. Kejadian tersebut terekam melalui kamera pengawas dan viral di aplikasi berbagi pesan.

(Diolah dari berbagai sumber: Ajeng Wirachmi/Litbang MPI)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini